#KabarHaji

Kemenag Sampaikan Dua Calon Jemaah Haji Meninggal Dunia di Madinah

gomuslim.co.id - Setelah seorang calon jamaah haji (calhaj) Indonesia asal Solo meninggal dalam pesawat pada Ahad lalu, berikutnya dua jamaah Calhaj asal Indonesia meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi.

Jemaah Calhaj asal Embarkasi Solo atas nama Mudjahid Damanhuri Mangun Bin Damanhuri (73) meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi King Fadh Madinah pada Senin (8/7) pukul 10.00 waktu Arab Saudi.

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Agus Widakdo mengatakan, Mudjahid merupakan warga Semenharjo RT 01 RW 05 Suruhkalang, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar yang tergabung dalam kloter 4.

Dilansir melalui siaran pers Kementerian Agama RI, yang meninggal lainnnya adalah Khairil Abbas bin Salim (62 th), jamaah Calhaj asal embarkasi Batam 2. Ia dinyatakan meninggal dunia yang juga pada Senin pada pukul 14.30 waktu Arab Saudi.

 

Baca juga:

Komandan TGC PPIH Minta Jemaah Haji Selalu Pakai Alas Kaki

 

Menurut surat kematian atau certification of death (COD), jamaah haji yang tinggal di hotel Gulnar Taibah sektor 5 Madinah ini meninggal akibat gangguan hati dan jatuh.

Ketua Sektor 5 Madinah, Khalillurrahman menerangkan bahwa ia sempat dibawa ke Rumah Sakit Al Anshor. Namun akhirnya meninggal dunia di rumah sakit tersebut.

“Beliau juga diketahui memiliki riwayat hipertensi dan penyakit jantung,” ujar Khalil ketika ditemui di hotel Rotana Al Mesk, Selasa (9/7).

Dia menambahkan, komunikasi dan koordinasi juga sudah dilakukan dengan pihak keluarga.

“Ada istrinya juga yang berangkat haji. Dan juga sudah komunikasi dengan keluarga. Dan keluarga sudah mengikhlaskan,” imbuh Khalil.

Karena proses meninggalnya di rumah sakit, dia menjelaskan, pihak rumah sakit yang akan mengurus jenazah.

“Rumah sakit akan koordinasi dengan pihak muassasah, dan dengan pihak terkait dengan pengurusan jenazah di Masjid Nabawi,” pungkasnya. (hmz/rilis/kemenag)

 

Baca juga:

Berkurangnya Angka Kesakitan Jemaah Haji, Kemenkes Apresiasi Kinerja Petugas Kesehatan


Back to Top