Maroko Sahkan Undang-undang Tentang Asuransi Syariah

gomuslim.co.id - Majelis tinggi parlemen Maroko baru-baru ini telah resmi enyetujui undang-undang yang mengatur asuransi sesuai Syariah, yang dikenal sebagai Takaful, yang diharapkan oleh para profesional untuk memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk keuangan Islam di negara itu.

Perusahaan-perusahaan asuransi akan dapat meluncurkan anak perusahaan Takaful segera setelah undang-undang tersebut diterbitkan dalam buletin resmi setelah disetujui oleh majelis tinggi dan rendah parlemen, para profesional perbankan Islam mengatakan kepada Reuters.

Maroko, negara paling maju di antara negara tetangganya di Afrika Utara dalam mengembangkan keuangan Islam, telah mengizinkan lima bank Islam dan tiga jendela untuk menawarkan layanan perbankan yang sesuai syariah di negara itu sejak awal 2017.

 

Baca juga:

Bancassurance, Program Kemitraan Sun Life dan Bank Muamalat untuk Produk Asuransi Syariah

 

Bank Islam, yang dikenal di Maroko sebagai bank partisipatif, menghindari bunga dan spekulasi moneter murni. Takaful akan melengkapi bank-bank Islam Maroko dengan mekanisme asuransi jiwa dan umum, kata Said Amaghdir, Presiden asosiasi Maroko untuk profesional keuangan partisipatif (AMFP).

Bank-bank Islam sejauh ini telah mengeluarkan pinjaman real-estate dan mobil yang tidak diasuransikan, yang dikenal sebagai Mourabaha, dengan total 6 miliar dirham, katanya. Tetapi bagi perusahaan asuransi Takaful untuk berkembang, ada kebutuhan untuk akses ke pasar modal, Amaghdir mengatakan, mendesak regulator bursa (AMMC) untuk menyetujui langkah-langkah untuk memfasilitasi investasi yang sesuai dengan Syariah oleh perusahaan asuransi Takaful.

"Kita perlu di Maroko otoritas otoritas jasa keuangan tertinggi untuk memastikan koordinasi yang lebih baik antara berbagai regulator: bank sentral, regulator asuransi dan regulator bursa untuk mempercepat proses," katanya. (fau/saudigazette/dbs)

 

 

Baca juga:

Legenda Sepakbola Muslim Ini Bantu Pembangunan Masjid Pertama di Sevilla


Back to Top