Institut Teknologi Sumatera Buka Jalur Prestasi Khusus Penghafal Alquran bagi Calon Mahasiswa Baru

gomuslim.co.id – Pihak Kampus Institut Teknologi Sumatera membuka jalur prestasi khusus penerimaan mahasiswa baru. Tak hanya seleksi peserta dari bidang akademik ataupun non-Akademik, ada juga seleksi peserta dari bakat istimewa seperti penghafal Alquran.

Jalur khusus penghafal alquran dibuka sejak tahun lalu, dan telah menerima sebanyak 25 mahasiswa. Sementara, untuk tahun ini ada 14 orang penghafal Alquran yang diseleksi wawancara. Adapun proses wawancara peserta tes dilaksanakan di Gedung D ITERA.

 

Baca juga:

Menjaga Koneksi Kita dengan Alquran

 

Salah satu pendaftar, Farhana Salsabila mengatakan sempat mengikuti SBMPTN tetapi belum lolos lalu ia mengikuti jalur prestasi khusus Penghafal Alquran yang ada di ITERA.

"Saya memilih prodi DKV ITERA, Sempat ikut SBMPTN tetapi belum lolos. Alhamdulilah di ITERA ada jalur prestasi khusus untuk penghahafal Alquran, jadi saya punya kesempatan yang tidak semua orang dapatkan," ucapnya.

Iapun mengaku sempat gugup saat dites wawancara oleh panitia penyeleksi.

"Pas dites grogi, diminta melantunkan surat Maryam, tes sambung Ayat surah Al-Baqarah, Alhasyr dan Abasa. Alhamdulilah bisa," tambahnya.

Dosen di ITERA sekaligus Ketua DKM Masjid Raya ITERA Prio Santoso, mengatakan jalur prestasi khusus bukan hanya sebagai jalur untuk menjadi mahasiswa baru di ITERA, nantinya peserta yang dinyatakan lolos akan terus mengembangkan prestasinya sampai lulus di perkuliahan.

"Nantinya mahasiswa yang lolos khususnya penghafal Alquran akan terus mengembangkan ilmunya dengan didampingi dari pihak asrama kampus yang bekerja sama dengan pengurus masjid raya ITERA," ungkapnya.

“Harapannya mahasiswa yang dari hanya hafal 5 juz bisa hafal 30 juz, dari yang bacaanya masih belum sempurna hingga menjadi sempurna," tambahnya. (nov/dbs/kumparan)

 

 

Baca juga:

Alquran dan Sains Ungkap Rahasia Elemen Besi bagi Kehidupan Manusia


Back to Top