Berbagi Manfaat, Hotel Syariah Ini Buka Kelas Bahasa Isyarat

gomuslim.co.id – Bebagi manfaat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya seperti Cinnamon Hotel Boutique Syariah yang baru-baru ini mengelar kelas khusus bahasa isyarat sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap para penyandang disabilitas.

Salah satu karyawan dari Cinnamon Hotel, Okke Hidayah Kahfi merupakan yang memiliki kebutuhan khusus pada pendengaran atau penyandang tunarungu. Dia memulai awal karirnya di hotel ini tepatnya 2 tahun lalu sebagai design grafis.

Selain kesibukannya menjadi seorang design grafis, Okke juga merupakan Ketua dari Bahasa Isyarat Bandung. Pada agenda kelas bahasa isyarat, dia berkesempatan memberikan pelatihan untuk kelas bahasa isyarat yang rutin diselenggaranan Cinnamon Hotel.

"Bahkan untuk jangka panjangnya akan kami buka kelas bahasa isyarat untuk masyarakat umum. Mempelajari bahasa isyarat, khususnya bahasa isyarat Indonesia bisa menjadi aktivitas yang menarik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/07/2019).

Ia menjelaskan, selain menambah kemampuan dalam berkomunikasi, bahasa isyarat juga bisa membantu para penyandang tunarungu dalam mendapatkan beragam informasi, sekaligus berkomunikasi dengan mereka.

 

Baca juga:

Terapkan Konsep Wisata Halal, Hotel Rhadana Bali Dapat Respon Positif dari Wisatawan

 

Selain itu, mempelajari bahasa baru juga bermanfaat untuk kemampuan otak. "Jadi, jangan ragu untuk mempelajari bahasa isyarat seperti yang diperagakan Presiden Jokowi saat pembukaan ajang Asian Para Games 2018," tandasnya.

Untuk diketahui, setiap negara memiliki bahasa isyarat yang berbeda. Misalnya ada American Sign Language (ASL), British Sign Language (BSL), hingga di Indonesia yang dinamakan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo).

Mempelajari bahasa isyarat bisa menambah pengalaman baru yang menyenangkan. Pasalnya, berkomunikasi dengan bahasa isyarat bukan berarti belajar bahasa tubuh. Belajar bahasa isyarat sama seperti belajar bahasa pada umumnya, ada aturan dan ada sisi linguistiknya. Intinya bahasa isyarat merupakan salah satu budaya tunarungu yang sangat menarik untuk dipelajari.

Cinnamon Hotel Boutique sendiri merupakan salah satu hotel yang berkonsep syariah. Hotel ini berlokasi di Jalan Setiabudi Bandung. (jms/rls)

 

 

Baca juga:

Pesonna Hotel Tegal Raih Predikat Dapur Halal dari MUI Jateng


Back to Top