Mantan Pemain Chelsea Ini Rasakan Kebebasan Jalani Agama Saat di Turki

gomuslim.co.id – Pesepakbola Muslim asal Senegal, Demba Ba mengaku bahagia bisa bermain di Negara yang berpenduduk mayoritas Muslim. Ba yang pernah merumput di sejumlah klub ini merasa lebih bebas menjalankan kewajiban ibadah keagamaannya.

Demba Ba sendiri merupakan pemain yang sering pindah klub dan Negara. Tercatat sebelum mendarat di Istanbul Başakşehir, Turki, Ba pernah membela klub di Perancis, Belgia, Jerman, dan tim-tim Inggris.

“Saya seorang Muslim dan bekerja di negara Muslim. Saya sangat senang memenuhi kewajiban agama saya. Turki memberikan kebebasan beragama. Saya bisa pergi ke masjid untuk berdoa kapan pun saya mau. Wanita di Turki bebas mengenakan jilbab mereka. Jika mereka tidak suka, mereka tidak harus memakai jilbab mereka,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Daily Sabah.

Demba Ba yang kini berada di Austria untuk mengikuti pra-musim Istanbul Basakşehir, pindah dari Chelsea yang berbasis di London ke Besiktaş di Istanbul beberapa musim yang lalu. Pesepakbola berusia 34 tahun itu berpendapat bahwa umat Islam menghadapi beberapa masalah di negara-negara tempat ia bermain sebelumnya.

“Saya tidak pernah mengalami kesulitan. Karena semua orang mengenal saya dengan sangat baik dan tidak ada yang bisa menilai saya karena kepercayaan agama saya. Namun, beberapa manajer meminta saya dan rekan-rekan Muslim saya untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadhan ketika kami memiliki pertandingan. Di Eropa, Islamofobia menyalahkan wanita Muslim yang mengenakan jilbab di depan umum,” katanya.

Demba Ba melakukan debut tim pertamanya dengan tim Prancis Rouen pada 2005 sebelum pindah ke Mouscron Belgia. Dari sana ia pindah ke 1899 Hoffenheim di Jerman pada 2007. Pada 2011, ia pindah ke tim Liga Premier Inggris West Ham United.

Di sana, ia hanya bermain 12 pertandingan dan meskipun menjadi pencetak gol terbanyak liga di musim 2010-11. Ba pindah ke Newcastle United  saat West Ham terdegradasi ke Championship. Pada Januari 2013, ia menyelesaikan kepindahan ke Chelsea dengan biaya yang dirahasiakan, sebelum bergabung dengan Beşiktaş untuk € 6 juta 18 bulan kemudian.

 

Baca juga:

Bintang Sepakbola Nigeria Ini Bantu Rakyat Lewat Proyek Amal

 

Setelah satu musim di Turki, ia pindah ke Shanghai Shenhua dari Liga Super Cina tetapi kemudian kembali lagi ke Turki.

Lahir dari negara Muslim Afrika Barat di Senegal, Ba telah menjadi pemain internasional penuh bagi Senegal sejak 2007 dan ia mewakilinya di Piala Afrika 2012.

Demba Ba memenangkan satu Süper Lig Turki musim 2016–17 dengan Besiktaş. Ia juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Bulan Liga Inggris pada Desember 2011. Ba juga Pemain Paling Berharga Piala FA China pada tahun 2015, dan terdaftar dalam Tim Terbaik Tahun Liga Super Cina pada tahun 2016.

Ba adalah seorang Muslim yang taat dan berlatih yang mengamati puasa selama bulan Ramadhan, bersama dengan merayakan tujuannya dengan melakukan Sujud.

Untuk diketahui, Islam adalah agama dominan di antara orang-orang Senegal seperti yang dipraktikkan oleh sekitar 95,9% dari mereka. Mayoritas Muslim Senegal adalah Sunni mazhab Maliki dengan pengaruh sufi. Pada saat yang sama, laporan Pew menunjukkan bahwa 27% Muslim Senegal mengidentifikasi diri mereka sebagai Muslim non-nasionalis. (jms/dailysabah/aboutislam)

 

 

Baca juga:

Mesut Özil Rayakan Pernikahan dengan Danai Operasi 1000 Anak


Back to Top