Bangun Rumah Mualaf, BAZNAS Karanganyar Bina 120 Orang

gomuslim.co.id – Pendampingan terhadap mualaf terus dilakukan sejumlah lembaga. Salah satunya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karanganyar yang mendirikan Rumah Mualaf. Rumah tersebut nantinya akan menjadi tempat para mualaf belajar Islam dan ibadah-ibadah dasar.

Wakil Ketua Baznas Karanganyar, Abdul Muid mengatakan Rumah Mualaf yang berlokasi di Lereng Lawu ini nantinya akan membina 120 orang mualaf. “Kalau di Baznas Jateng ada Mualaf Center, maka di Karanganyar kita bentuk Rumah Mualaf. Selain untuk melayani mereka yang akan masuk Islam, tempat ini juga jadi tempat belajar ibadah bagi mereka,” ujarnya, Jumat (19/7/2019).

Menurutnya, dana zakat untuk mualaf akan lebih baik jika tidak diserahkan dalam bentuk uang, tetapi dibuat sarana pendidikan bagi mualaf. Karena para mualaf membutuhkan pendampingan terkait agama.

“Jangan biarkan para mualaf berjalan mencari jati diri sendirian. Mereka harus terus diarahkan agar mantab. Setelah semuanya sudah baik, baru mereka dilepas untuk mandiri. Tinggal ibadah haji, yang memang dilaksanakan kalau punya kemampuan,” jelasnya.

Menurut Abdul Muid, pendampingan ini sangat perlu karena mereka biasanya ditinggal sendirian oleh komunitasnya yang lama atau bahkan dimusuhi, sehingga jika tidak ditemani mereka bisa-bisa kembali ke komunitasnya.

 

Baca juga:

Pernah Rasis, Begini Cerita Seorang Warga Kulit Putih AS Jadi Mualaf

 

“Baznas yang diamanati dana yang juga untuk mereka para mualaf sudah selayaknya terpanggil sehingga terpikirlah untuk mendirikan Rumah Mualaf untuk mendampingi sampai  bisa berdiri tegak,” katanya.

Selain mendirikan Rumah Mualaf, Baznas juga akan menggelar doa bersama pada 9 Dzulhijah ketika jemaah haji sedang wukuf di Arafah. “Kalau di sana, saat wukuf dianjurkan untuk banyak berdoa. Maka yang di Indonesia, khususnya di Karanganyar, kita berdoa bersama untuk kemaslahatan negeri ini di masa depan,” ungkapnya. (jms/suaramerdeka)

 

 

Baca juga:

Begini Cerita Mualaf Baduy Belajar Islam Lewat Pengajian

 


Back to Top