Lebih dari 7.000 Orang Hadiri Festival Budaya Islam di Nottingham Inggris

gomuslim.co.id - Dalam beberapa hari, lebih dari 7.000 orang diperkirakan akan mengunjungi festival Islam terbesar di Nottingham, Inggris, pada Minggu, (21/07/2019) yang akan berlangsung di Forest Recreation Ground.

"Beragam budaya dan tradisi komunitas Muslim Nottingham akan dipamerkan seperti yang dari latar belakang Suriah dan Nigeria,” kata juru bicara acara tersebut, seperti dilansir dari publikasi Nottingham Post.

Festival Muslim Inggris diselenggarakan oleh Karimia Institute, sebuah badan amal yang berbasis di Nottingham yang bekerja untuk mendukung komunitas lokalnya. Lembaga ini telah menjalankan acara tersebut sejak 2014 dengan nama sebelumnya 'Nottingham Eid Festival'.

Menurut penyelenggara, keluarga dan komunitas dari semua agama dan latar belakang dipersilakan. Acara ini juga bertujuan untuk mempromosikan kohesi komunitas melalui pertunjukan langsung, wahana pasar malam, kastil yang melenting, dan bazaar mini dengan beragam display kios termasuk pakaian budaya, makanan, perhiasan, dan literatur.

 

Baca juga:

Masjid Crawley Jadi Tuan Rumah Acara Kesadaran Diabetes di Inggris

 

Hal yang menarik, Karimia Institute menawarkan konseling pendidikan untuk anak-anak dan orang dewasa. Festival ini juga mengorganisir kegiatan olahraga dan mempromosikan kerja antaragama di antara komunitas lokal di Nottingham.

Manajer pusat di Pusat Komunitas Pabrik Bobbers, Shahid Shabir mengatakan dia berharap dapat melihat kerumunan orang yang besar dan beragam minggu depan.

Shabir yang berusia 22 tahun yang juga merupakan ketua penyelenggara festival mengatakan misi Institut Karimia adalah untuk mengumpulkan semua budaya dan agama serta latar belakang yang berbeda untuk bersatu sebagai satu masyarakat secara keseluruhan.

“Tahun lalu, sekitar 7.000 orang hadir dan tahun ini kami menargetkan lebih dari 10.000 orang. Saya mendorong semua orang untuk hadir untuk mengalami tradisi budaya Muslim yang berbeda di seluruh dunia,” kata penyelenggara Muslim.

Banyak tokoh masyarakat akan menghadiri acara tersebut termasuk Walikota Nottingham, Rosemary Healy, di samping David Shire, Petugas Pendukung Proyek Kesetaraan dan Keragaman di Kepolisian Nottinghamshire, di samping MP Buruh Alex Norris yang sebelumnya berpartisipasi dalam edisi festival 2017.

Menjelang acara tersebut, Norris yang melayani Nottingham North mengatakan dirinya sangat menikmati acara sebelumnya.

“Saya pikir sangat penting bagi kami untuk mengambil kesempatan seperti ini untuk merayakan budaya yang membuat kota ini seperti apa adanya. Perayaaan Islam dan mendidik komunitas kami tentang Islam lebih penting dari sebelumnya. Tentunya, saya akan menghadiri Festival Budaya Muslim 2019,” jelasnya.

Menurut perkiraan lokal baru-baru ini, Nottingham memiliki 32 masjid yang melayani peningkatan komunitas Muslim di kota Inggris ini. Komunitas saat ini akan lebih dari 30.000 Muslim menurut Direktori Masjid-Masjid di Inggris.  (fau/np/dbs/foto: aboutislam)

 

 

Baca juga:

Kampanye Perdamaian, Komunitas Muslim Kota Southampton Inggris Gelar Jalan Sehat Akhir Pekan


Back to Top