Duta Dialog Islam, Ridwan Kamil Ingin Kirim Ulama Jabar ke Inggris

gomuslim.co.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil berencana mengirim ulama Jawa Barat ke Inggris. Rencana tersebut sejalan dengan program kampanye English for ulama berupa pelatihan Bahasa Inggris untuk para ulama yang bekerjasama dengan Kedutaan Besar Inggris di Indonesia.

“Diharapkan akan ada pertukaran ulama diantara dua Negara. Ulama dari Jabar bisa menjadi duta dialog Islam yang ramah dan Inggris dapat menjadi pintu dalam memperkenalkan Islam wasatiyah ke Eropa,” ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dalam kunjungan kerja ke Inggris, Minggu (22/7/2019).

Dalam kunjungan kerja yang dilaksanakan mulai tanggal 21 hingga 24 Juli 2019 ini, Emil juga membawa dua misi lain. Kedua misi tersebut yakni finalisasi dari proyek investasi Inggris sebesar 3 triliun rupiah untuk mengatasi masalah sampah plastik di Jabar.

Proyek ini akan dilakukan di lima lokasi yang akan menjadi proyek percontohan mengatasi sampah plastik yaitu kota Bogor, Bekasi, Bandung, Cirebon, dan Tasikmalaya.

“Apabila berhasil maka plastik di Jabar bisa diubah menjadi bahan bakar yang akhirnya Jabar menjadi percontohan di kawasan negara ASEAN. Limbah plastik ini akan diolah menjadi bahan bakar bersumber dari limbah atau "waste to fuel",” jelasnya.

 

Baca juga:

Lolos Seleksi English for Ulama, 30 Ulama Jabar Akan Berangkat ke Eropa

 

Emil menambahkan, misi selanjutnya adalah bidang pendidikan kerjasama dengan pemerintah Inggris terkait revitalisasi SMK di Jawa Barat berupa vokasional. Pemerintah Inggris bisa memberikan bimbingan dan pelatihan kepada pelajar SMK Jabar dalam menyongsong revolusi 4.0.

“Intinya kunjungan kerja ke Inggris ini membawa tiga agenda utama dari total 26 pertemuan yang direncanakan,” katanya.

Emil sendiri mengawali kunjungan kerja ke Inggris dengan meresmikan sudut budaya Jawa Barat di pusat musik dan seni budaya South Hill Park, Bracknell, tidak jauh dari Lapangan pacuan kuda Ascot, London. Emil juga akan mengadakan beberapa pertemuan serta menjadi pembicara dalam acara A Peaceful Dialogue yang digelar British Institute of Peace di Manchester. (jms/antara)

 

 

Baca juga:

Gubernur Jabar Optimis Raih Juara dalam Kompetisi STQH 2019

 


Back to Top