#KabarHaji

Ini Kata Imam Masjidil Haram Tentang Jemaah Haji Indonesia

gomuslim.co.id – Jemaah haji Indonesia mendapat komentar dan pujian dari Imam Masjidil Haram Syeikh DR Hassan Bin Abdul Hamid Al Bukhari. Menurut Imam, jemaah Indonesia adalah rombongan yang terpuji, lembut, dan tawadhu atau rendah hati.

“Saya melihat bahwa jemaah haji Indonesia itu adalah rombongan yang terpuji. Orangnya lembut-lembut dan tawadhu (rendah hati). Ini sangat menyenangkan di hati orang Muslim di manapun,” ujarnya kepada Tim Media Center Haji Indonesia di Umm Al Qura University Mekkah, Minggu (21/07/2019).

Dekan Ma’had Lughoh Arrabiyah Umm Al Qura University Mekkah ini mengatakan, dengan kelembutan dan sikap rendah hati jemaah Indonesia juga suka saling membantu dan saling menolong. Ia juga menilai jemaah Indonesia terlihat tertib dan hal ini dianggapnya merupakan anugerah dari Allah SWT.

“Saya juga melihat mereka punya kedisiplinan yang tinggi walaupun Indonesia itu jemaah hajinya paling banyak di dunia, tidak menjadikan itu penghalang untuk mereka selalu disiplin. Jumlah mereka besar, tertib,” katanya.

Hal tersebut, kata dia, menjadi budaya bagi jemaah haji Indonesia. “Kami berharap terus mudah-mudahan kondisi ini bisa dipertahankan dan bisa ditingkatkan agar lebih baik,” ungkapnya.

 

Baca juga:

Jemaah Haji Indonesia Gelombang Kedua Tiba di Makkah

 

Pada kesempatan itu, ia mendoakan agar pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan baik dan lancar. “Ya Allah, dengan kemurahan-Mu jadikanlah semua haji, haji dari Indonesia maupun haji dari belahan negara Muslim di dunia, telah datang kewajiban haji bagi kalian semoga Allah memberikan kemudahan bagi urusan kalian para haji dan Allah menerima ibadah kalian,” doanya.

untuk diketahui,  127 kelompok terbang jemaah haji Indonesia telah tiba di Kota Makkah. Data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag menunjukan, sebanyak 52.065 jemaah disertai petugas telah berada di Kota Kelahiran Nabi tersebut. “Ini sesuai data Siskohat tanggal 21 Juli 2019, pukul 19.00 WAS,” jelas Kasie Data dan Informasi Daker Makkah Nurhanudin, Minggu (21/07).

Nurhan menyampaikan, jemaah yang tiba di Makkah merupakan gabungan gelombang pertama dan kedua pemberangkatan haji. “Total jemaah gelombang dua yang tiba berjumlah 40. 695 orang. Sementara untuk gelombang kedua sebanyak 11.370 orang,” jelas Nurhan. (jms/kemenag/foto:elshinta)

 

Baca juga:

Tips Sehat Saat Menjalankan Ibadah Haji

 


Back to Top