#IdulAdha

Rumah Jagal di Abu Dhabi Bakal Potong 8.000 Hewan Kurban pada Hari Pertama Idul Adha

gomuslim.co.id – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) diperkirakan akan menerima hampir 8.000 hewan kurban untuk disembelih pada hari pertama Idul Adha 1440H/2019M. Pemerintah Kota Abu Dhabi sedang mempersiapkan untuk memenuhi hewan kurban yang akan disembelih selama Idul Adha tahun ini.

Dokter hewan akan hadir di rumah jagal sepanjang waktu untuk memantau proses pemotongan hewan kurban. Prioritas dan layanan khusus akan ditawarkan kepada para lansia dan orang-orang tertentu di semua rumah pemotongan hewan.

Direktur Departemen Kesehatan Masyarakat Kota Abu Dhabi, Dr Saeed Qarwash Al Rumaithi, mengatakan para imam dari Otoritas Umum Urusan Islam dan Otoritas Wakaf (Awqaf) akan memimpin sholat Id di masjid-masjid yang terletak di rumah jagal. Hal ini agar jamaah cepat menyembelih hewan kurbannya.

"Rumah pemotongan hewan di Abu Dhabi menyediakan lemari es yang dibuat khusus daging untuk memastikan transit yang tepat dari daging dan bangkai. Kotak-kotak akan menghindari pencemaran atau merusak daging karena paparan panas selama proses transit," ujarnya seperti dilansir dari publikasi Khaleej Times, Senin, (22/07/2019).

 

Baca juga:

Direktur Kesehatan Hewan Kementan: Waspada Antraks, Hewan Kurban Harus Ada Surat Dokter

 

Dia meminta agar masyarakat tidak menyembelih hewan dari rumah mereka sendiri atau di luar rumah pemotongan hewan kota. Hal tersebut untuk menjaga agar kualitas daging aman saat dikonsumsi.

"Penyembelihan hewan kurban di rumah jagal yang disetujui memastikan bahwa daging layak untuk konsumsi manusia dan menjaga kesehatan masyarakat. Ada potensi penyakit yang terkait dengan penyembelihan hewan di rumah atau tempat sementara dan polusi lingkungan," jelasnya.

Pemerintah Kota menekankan, orang yang tertangkap menyembelih hewan kurban di rumah-rumah, taman-taman umum atau tempat-tempat lain selain dari rumah pemotongan hewan kota akan didenda hingga Dh5.000.

Adapun, waktu untuk menyembelih hewan di semua penjagalan kota adalah dari pukul 06:00 hingga 19:30. Biaya untuk menyembelih hewan adalah: Dh15 per kambing atau domba, Dh40 per anak sapi atau unta muda, dan Dh60 per sapi atau unta yang lebih tua. (jms/khaleejtimes)

 

 

Baca juga:

Jelang Idul Adha, Pemkot Bekasi Akan Periksa Kesehatan Hewan Kurban

 


Back to Top