Imigran Muslimah Bosnia Ini Bangun Lembaga Amal di St. Louis

gomuslim.co.id - Hampir tiga dekade lalu, pemuda Muslim Bosnia Nermana Huskić berimigrasi ke AS untuk tiba di St. Louis, Missouri, lolos dari perang dan kematian di negara asalnya. Sekarang muslimah berusia 32 tahun ini membayar kembali ke St Louis, Radio Publik St Louis melaporkan.

"Ada saat-saat ketika kita tidak memiliki apa pun," kata Huskić, yang menyaksikan agresi Serbia pada 1990-an.

Perang menghancurkan banyak keluarga dan membunuh lebih dari 100.000 orang. Untungnya, keluarganya pindah ke AS. Itu adalah tahun 2017 ketika Huskic meluncurkan organisasi nirlaba RukaNade untuk memberikan layanan kepada populasi tunawisma, manula, pemuda, dan keluarga serta anak yatim di kota St. Louis di Bosnia.

Nermana Huskic melipat salah satu dari banyak sumber daya yang disumbangkan untuknya dari anggota komunitas dan bisnis.

“Saya kuliah di pekerjaan sosial, jadi saya jelas tahu saya akan berada di bidang sosial. Tapi saya tidak berpikir tentang membuka organisasi. Dan pada 2016, saya berada di Bosnia, dan saya mengerjakan proyek sendiri, dan cara kerjanya persis seperti yang saya impikan sejak lama. Jadi, bagi saya, itu adalah tanda dari Tuhan bahwa saya perlu melakukan sesuatu dalam skala yang lebih besar.

 

Baca juga:

Masya Allah, Ilmuwan Muslimah Ini Temukan Alat Baru yang Dapat Dengarkan Bacterial Communicate untuk Atasi Infeksi

 

"RukaNade berarti" tangan harapan "dalam bahasa Bosnia, dan itu adalah harapan untuk hari esok yang lebih baik dan harapan bahwa kita akan bersatu dan kita akan bekerja untuk masa depan yang lebih baik," tambahnya.

Tahun lalu, RukaNade membantu 4.256 orang.

“Kami baru saja membuka taman bermain di Bosnia pada 9 Juli, dan kami berencana melakukan lebih banyak. Ini akan menjadi yang ke-5 sejak didirikannya organisasi nirlaba. Dan kami selalu di penampungan tunawisma Gateway 180 setiap Sabtu terakhir setiap bulan,” kata Huskić.

Menurut laporan 2014 dari Pew Research, Muslim membentuk kurang dari 1% dari populasi Missouri. Sebagai salah satu dari lima rukun Islam, zakat atau ritual amal adalah kewajiban agama bagi semua Muslim yang memenuhi kriteria kekayaan yang diperlukan. Ini merupakan sumbangan amal wajib, hak orang miskin untuk mendapatkan bantuan dari orang kaya, dan dianggap sebagai pajak atau sedekah wajib. Selain zakat wajib, Syariah Islam juga mendorong pemberian amal opsional, yang disebut Shadaqah. (fau/aboutislam/dbs)

 

Baca juga:

Baru 11 Tahun, Gadis Muslimah AS Ini Dapat Kehormatan Karena Tulisan Esainya tentang Hijab


Back to Top