Ini Pentingnya Perencanaan Keuangan dan Investasi di Era Digital

gomuslim.co.id – Perencanaan keuangan dan investasi menjadi hal yang wajib dilakukan semua orang di era digital saat ini. Apalagi kehadiran fintech yang semakin banyak membuat dua hal tersebut menjadi lebih mudah.

Co-Founder & CEO Tamasia, Muhammad Assad mengatakan perencanaan keuangan penting untuk dilakukan karena setiap manusia pasti akan berjenjang kehidupannya. Jenjang tersebut mulai dari anak-anak, kemudian remaja, menikah, punya anak, anaknya sekolah, anaknya menikah, dia menjadi tua, dan seterusnya.

“Sehingga sangat penting banget setiap orang itu harus punya tujuan atau plan berinvestasi. Karena sebetulnya di Islam pun dikatakan kalau hari besok harus lebih baik dari hari ini, berarti perencanaan sudah sangat penting baik dalam apapun termasuk dalam hal keuangan,” ujarnya dalam Tamatalk di Kantorkuu Coworking & Office Space, Sabtu (27/07/2019).

Dialog dan sharing ini terselenggara berkat kolaborasi antara Tamasia dengan Tanam Duit dan Finansialku. Hadir juga sebagai pembicara lainnya, Co-Founder & CEO Finansialku, Melvin Mumpuni dan Direktur Business Development Tanamduit, Muhammad Hanif.

Menurut Assad, investasi di era digital saat ini serba mudah karena semua orang sekarang sudah menggunakan smartphone dan melek dengan teknologi. Selanjutnya tinggal bagaimana memilih produk investasi yang sesuai dengan profil risiko masing-masing.

“Salah satu yang saya anjurkan untuk berinvestasi para pemula, itu adalah sesuatu yang kalau dibeli mudah dicairkan. Emas misalnya, emas ini nilainya selalu naik dan bisa dijual kapan saja. Jadi konsep dari sebuat aset itu kan harus liquid. Saat aset itu liquid, dia gampang dicairkan, maka fungsi dari aset itu terpenuhi,” jelasnya.

Ia pun menyarankan kepada generasi muda untuk mulai berinvestasi menggunakan teknologi atau platform digital dari smarphone sedini mungkin.

 

 

Baca juga:

Milenials, Ini Tips Dapat Rumah Tanpa KPR dari Tamasia


 

Tamasia sendiri, kata dia, menawarkan kepada setiap orang untuk bisa membeli emas dari harga Rp 10 ribu. Sangat murah, mudah melalui aplikasi dengan pembayaran di bank mana pun, dan syariah.

“Jadi kita menawarkan kemudahan, kemurahan, dan juga hal-hal yang milenial banget deh, gak perlu keluar rumah atau jalan jauh untuk bisa berinvestasi emas,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, Tamasia juga mempunyai fitur impianku, di mana setiap orang di aplikasi Tamasia bisa membuat impian mereka masing-masing. Impian itu kemudian mereka visualisasikan dengan berapa jumlah kebutuhannya dalam bentuk rupiah, lalu dikonversikan ke dalam bentuk gram.

“Dari gram itu mereka mulai menabung. Misalkan butuh 10 juta setara dengan 20 gram. Mereka bisa nabung sebulan satu gram, bulan berikutnya satu gram, terus sampai terwujud mendapatkan 20 gram. Impian apa saja, mau nikah, umrah semuanya bisa,” ungkapnya.  

Sementara pembicara lainnya, Melvin, menjelaskan tentang pentingnya perencanaan keuangan sebagai peta keuangan kita untuk mempermudah menjalani kehidupan. Ia menyebut, dengan perencanaan keuangan yang baik, semua impian atau goal bisa dicapai.

Ia juga memaparkan tentang piramida perencanaan keuangan dengan lima aspek utama. Jika diurutkan dari bawah (paling mendasar/penting), kelima aspek tersebut diantaranya cash flow, dana darurat dan pinjaman konsumtif. Diatasnya ada manajemen risiko atau proteksi (asuransi). Lebih atas lagi ada tujuan keuangan (investasi), pensiun dan waris. (jms)

 

 

Baca juga:

Founder Tamasia dan Maungaji Berbagi Tips Berwirausaha Berbasis Syariah

 

   


Back to Top