#KabarHaji

Masya Allah, Inilah Jemaah Haji Berusia 102 Tahun asal Thailand

gomuslim.co.id Seorang muslimah berusia 102 tahun dari Distrik Thepha, Songkla, Thailand telah tiba di Mekah untuk naik haji, menjadi jemaah tertua di musim haji 2019, Pattaya Mail melaporkan pada 29 Juli.

"Saya berniat untuk menunaikan ibadah haji selama beberapa tahun, tetapi selalu kehilangan kesempatan. Hari ini, saya memiliki kesempatan untuk menyelesaikan tugas Muslim dengan melakukan ibadah haji di tanah suci umat Islam,” kata Noh Lanai, seperti dilansir dari publikasi AboutIslam, Selasa, (30/07/2019).

Muslimah tersebut berangkat haji dengan putranya dari Madinah ke Mekah. Namun, ketika haji mendekat, ia disarankan untuk menggunakan kursi roda untuk menghemat energinya untuk ritual yang menuntut fisik. Dalam persiapan untuk ibadah haji, Lanai tidak hanya menghadiri diskusi panel haji, tetapi dia juga melatih tubuhnya dengan berolahraga setiap hari.

“Sekarang, pikiran dan tubuh saya siap untuk ziarah. Saya berharap bagi mereka, yang belum memiliki kesempatan untuk naik haji, untuk terus berdoa agar suatu hari mereka dapat memenuhi keinginan mereka untuk berada di sini,” harap Lanai.

 

Baca juga:

Berusia 102 Tahun, Inilah Jemaah Tertua asal Sulawesi Selatan

 

Setiap tahun, lebih dari dua juta Muslim berkomitmen untuk haji, sebuah perjalanan spiritual yang mewakili Rukun Islam ke-5 dan salah satu pertemuan tahunan manusia terbesar di planet ini. Setiap Muslim yang secara fisik dan finansial dapat melakukannya diharapkan melakukan ziarah ini sekali seumur hidup mereka.

Menurut laporan 2018 dari Otoritas Umum Statistik di Arab Saudi, total 2.371.675 Muslim melakukan haji tahun lalu dalam peningkatan tahunan yang stabil dan substansial selama 92 tahun terakhir.

Jutaan dari 1,8 miliar Muslim di dunia melamar visa haji tetapi karena sistem kuota, tidak semua orang bisa datang karena pemerintah setempat biasanya mengalokasikan 1.000 tempat untuk setiap juta Muslim per negara. (fau/aboutislam/dbs)

 

 

Baca juga:

Hindari Dehidrasi, IDI Imbau Jemaah untuk Banyak Minum Saat Ibadah Haji


Back to Top