#KabarHaji

Masya Allah, Jemaah Haji Berusia 130 Tahun asal Indonesia Ini Tiba Makkah

gomuslim.co.id - Seorang Muslim Indonesia berusia 130 tahun telah tiba di Jeddah pada hari Rabu untuk melakukan perjalanan haji seumur hidup. Pria itu diyakini sebagai orang tertua yang melakukan ziarah haji.

Ohi Aidros Samri mengunjungi Kerajaan Arab Saudi dengan enam anggota keluarga. Warga negara Indonesia lanjut usia disambut di Bandara Internasional Raja Abdul Aziz oleh sejumlah pejabat yang memberinya bunga dan pernak-pernik sebagai tanda niat baik.

Baca juga:

Berusia 102 Tahun, Inilah Jemaah Tertua asal Sulawesi Selatan


Orang tertua yang melakukan haji

Awal bulan ini, seorang wanita Muslim Thailand berusia 102 tahun tiba di Mekah untuk naik haji. Ada lagi. Wanita Muslim India berusia 101 tahun lainnya tiba di Madinah untuk melakukan perjalanan haji sepuluh hari yang lalu.

Orang tertua yang melakukan haji sebelumnya adalah Ibu Mariah Marghani Muhammad yang berusia 104 tahun dari Indonesia. Dia melakukan haji pada tahun 2017.

Umat Muslim dari seluruh dunia berdatangan ke Mekah setiap tahun untuk melakukan haji, salah satu dari lima rukun Islam. Haji terdiri dari beberapa ritual, yang dimaksudkan untuk melambangkan konsep-konsep penting dari iman Islam, dan untuk memperingati cobaan Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Setiap Muslim dewasa yang berbadan sehat dan mampu secara finansial harus melakukan haji setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Haji 2019 akan dimulai pada hari Jumat, 9 Agustus 2019 dan akan berlanjut hingga Rabu, 14 Agustus 2019; di waktu malam. Sangat disarankan bagi orang lanjut usia untuk membawa bantuan medis untuk kondisi kesehatan mereka; terutama jika mereka minum obat yang menyelamatkan jiwa. Juga, kaum muda didesak untuk menawarkan bantuan kepada orang tua selama ritual haji. (fau/arabnews/dbs)

 

 

Baca juga:

Masya Allah, Inilah Jemaah Haji Berusia 102 Tahun asal Thailand


Back to Top