Lewat Program Goes to Pesantren, HIPSI Pasuruan Latih Santri Berwirausaha

gomuslim.co.id – Ajakan dan kampanye agar santri berwirausaha terus digaungkan banyak kalangan. Salah satunya oleh Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI). Baru-baru ini, HIPSI  Pasuruan menggelar kegiatan bertajuk HIPSI Goes to Pesantren di Pondok Pesantren Al-Ikhlas, Desa Pekoren, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan.

Ketua HIPSI Pasuruan, Dian Rahmadin Akbar mengatakan kegiatan ini bertujuan membekali para santri tentang ilmu enterpreneurship. Selain itu, kegiatan ini sekaligus memberikan wawasan kepada masyarakat dan wali santri untuk mendukung anaknya yang ingin berwirausaha.

Ada empat pelatihan yang dibekalkan kepada para santri. Yakni pelatihan membuat kecap, es cream, bakso dan tempe. "Santri adalah akar dari HIPSI. Harapannya setelah mereka lulus, kalau ada persoalan tentang usahanya santri bisa konsultasi dengan HIPSI," ujarnya, Senin (12/08/2019).

Kegiatan HIPSI Goes To Pesantren ini tidak hanya dalam bentuk seminar wirausaha saja. Mereka juga menggelar berbagai stand pameran produk dan pelatihan membuat aneka olahan pangan serta bakti sosial donor darah.

 

Baca juga:

Dorong Santri Jadi Pengusaha, Sekolah Bisnis Santripreneur diluncurkan

 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Pasuruan, KH Mudjib Imron meminta agar HIPSI bisa bekerjasama dengan Pemkab dalam pengembangan wirausaha di khususnya untuk para santri. Menurutnya, setiap santri adalah calon kader penggerak yang akan turun ke masyarakat dengan ilmunya.

"Jadi dengan pelatihan-pelatihan kewirausahaan, para satri nantinya tidak hanya kuat ilmu agamanya, tetapi juga kuat dengan kreatifitasnya di bidang ekonomi," katanya.

HIPSI Goes To Pondok Pesantren ini akan digelar 3 bulan sekali. Tak hanya itu, dalam dekat ini HIPSI juga akan menyelenggarakan kegiatan serupa di kampus-kampus, atau HIPSI Goes To Campus. (jms/jatimnow)

 

 

Baca juga:

Tak Hanya Bisa Mengaji, Kini Santri Bisa Kuatkan Ekonomi Negeri

 


Back to Top