Taj Mahal Jadi 7 Keajaiban Dunia Paling Populer di Medsos dalam Survei Social Engagement Index 2019

gomuslim.co.id - Bangunan megah dari India, Taj Mahal  masuk salah satu tempat New Wonder of the World. Selebritas dan tokoh publik hingga wisatawan backpacker menjadikan destinasi wisata Taj Mahal yang paling populer di dunia. Alhasil, di jagat media sosial, Taj Mahal berada di puncak dari daftar destinasi wisata paling populer di media sosial.

Taxi2Airport, sebuah platform taksi internasional yang beroperasi pada lebih dari 130 negara, menganalisis New Seven Wonders of the World berdasarkan jumlah like pada unggahan di Facebook, follower di laman akun Twitter, dan tagar di Instagram, serta pin di Pinterest pada tiap akun keajaiban dunia tersebut.

Hasilnya diperingkatkan pada Social Engagement Index 2019, gedung dan konstruksi diurut dengan skala 100 poin. Ternyata Taj Mahal mendapatkan nilai tertinggi mencapai 94 poin. Itu mendapatkan nilai terbaik di Facebook dan Twitter dengan jumlah 929.544 like pada Facebook dan 179.187 pengikut di Twitter.

Posisi kedua adalah Chichen Itza untuk popularitas di media sosial dengan nilai 92 poin. Chichen mendapatkan nilai terbaik di Pinterest dengan 2.587 pin. Pada Facebook dan Twitter, kota paling populer di Maya menduduki peringkat kedua.

Posisi ketiga adalah Machu Picchu dengan 89 poin, diikuti Colosseum of Rome (88 poin), Tembok Raksasa China (81 poin), The Christ Redeemer di Brasil (81 poin) dan Petra (Jordania ) (77 poin).

 

Baca juga:

Muslim Travelers, Pemerintah India Kini Berlakukan Batas Jam Kunjungan di Taj Mahal

 

Untuk diketahui, terkait sejarah Taj Mahal ini adalah saat Kaisar Mughal Shah Jahan memerintahkan pembangunan monumen untuk mengenang istrinya, Mumtaz Mahal, pada 1632. Bangunan indah berarsitektur Islam-Indo itu selesai dibangun pada 1648. Bangunan itu terletak di Agra sekitar 212 km selatan New Delhi, dibangun di tepi selatan Sungai Yamuma. Pada 2007 dia itu juga dideklarasikan sebagai pemenang Inisiatif New 7 Wonders of The World (2000–2007).

Selai  itu, Taj Mahal juga dilengkapi dengan sebuah masjid dan sebuah rumah tamu dengan taman yang luas di tiga sisinya. Biaya pembangunan saat itu diperkirakan mencapai USD827 juta. Sebanyak 20.000 pekerja ikut membangun proyek dengan arsitek kerajaan, Ustad Ahmad Lahauri.

UNESCO menempatkan Taj Mahal sebagai situs warisan dunia pada 1983. “Itu adalah permata seni muslim di India dan salah satu masterpieces warisan dunia yang mengagumkan dan universal,” seperti keterangan dari UNESCO. (fau/rilis/dbs/foto: tajmahal)

 

Baca juga:

Urai Kerusakan di Situs Sejarah, Tiket Taj Mahal Naik Lima Kali Lipat


Back to Top