Jadi Peringkat Ketiga, Atlet UFC ini Masuk Daftar Muslim Berpengaruh Rusia

gomuslim.co.id – Nama Khabib Nurmagomedov kian populer bagi masyarakat di berbagai Negara. Juara Dunia Combat Sambo ini bahkan menempati urutan ketiga dalam daftar muslim paling berpengaruh di Rusia.

Berdasarkan survei yang dirilis Business Online, Khabib masuk dalam daftar 10 sosok muslim berpengaruh. Khabib menempati peringkat ketiga dalam daftar tersebut. Khabib mengungguli Gubernur Tatarstan Rustam Minninhanov dan Pemimpin Cechnya, Ramzan Kadyrov.

“Khabib hanya kalah dari Sheikh Ravil Gainutdin yang merupakan pemimpin Majelis Ulama dan Gubernur pertama Tatarstan, Mintimer Shaimiev. Guinutdin berada di peringkat pertama dan Shaimiev berada di posisi kedua,” demikian seperti dilansir dari publikasi Bloody Elbow, Rabu, (14/08/2019).

Popularitas seniman bela diri campuran profesional Rusia ini melonjak drastis usai kemenangan dalam laga lawan Conor McGregor yang menarik 2,4 juta pay-per-view. Dalam laga tersebut, Khabib menang lewat teknik kuncian leher.

Laga tersebut mengangkat nama Khabib bukan hanya lantaran teknik bertarung Khabib yang sangat berkualitas, melainkan pula penegasan Khabib dan kebanggaan atas identitas Muslim yang melekat padanya. Khabib dikenal sebagai atlet muslim yang taat. Petarung berusia 30 tahun itu menunjukkan sisi religiusnya.

 

Baca juga:

Petarung Muslim UFC Khabib Kunjungi Masjid Al Aqsa

 

Sepanjang persiapan pertarungan, McGregor selalu menyudutkan Khabib, mulai dari mengejek Khabib, keluarga, hingga agama. Hal itu yang kemudian jadi pemanas situasi pertarungan. Duel Khabib vs McGregor sendiri akhirnya menjadi duel dengan pendapatan terbesar dalam sejarah UFC.

Kontroversi duel ini berlanjut setelah Khabib yang telah dipastikan menang melompat dari pagar Oktagon untuk menyerang rekan-rekan McGregor. McGregor sendiri kemudian mendapat serangan dari rekan Khabib di dalam Oktagon.

Kedua petarung ini kemudian mendapat sanksi dari UFC. Setelah terbebas dari sanksi, Khabib yang belum terkalahkan ini sudah merencanakan laga berikutnya lawan Dustin Poirier, 7 September mendatang di Yas Island, Abu Dhabi.

Khabib sendiri memegang rekor tak terkalahkan terpanjang di MMA, dengan 27 kemenangan, dan tetap tak terkalahkan dalam MMA profesional. Ia berasal dari wilayah Dagestan Rusia, dan merupakan orang Rusia pertama dan Muslim pertama yang memenangkan gelar UFC. (jms/Bloody Elbow/cnn)

 

 

Baca juga:

Ini Kota Kelahiran Khabib Nurmagomedov, Petarung Muslim yang Kalahkan Mega Bintang UFC


Back to Top