Ratusan Pelajar di Sukabumi Ikut Gerakan Shalat Shubuh Berjamaah di Masjid

gomuslim.co.id Gerakan Shalat Shubuh berjamaah di Masjid yang diberlakukan Pemkot Sukabumi bagi para ASN kini diikuti oleh para pelajar. Ratusan pelajar mengikuti gerakan shalat Shubuh berjamaah di Masjid Agung Kota Sukabumi. Gerakan shalat Shubuh para pelajar ini mendapatkan dukungan dengan hadirnya Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami.

''Setelah sebelumnya digiatkan para ASN, saat ini pelajar juga diajak untuk biasa shalat Shubuh berjamaah,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Namun, lanjutnya dia berharap gerakan ini dilakukan dengan konsisten dan menjadi kebiasaan.  Sejalan dengan hadis yang menyebutkan bahwa perkara kebaikan yang dicintai Allah adalah proses konsistensinya yang terus menerus. Contohnya membiasakan makan dan minum duduk tidak berdiri.  

 

Baca juga:

Dua Rakaat Sebelum Subuh, Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

 

Shalat berjamaah juga, kata Fahmi, butuh proses pembiasaan. Hal ini karena ada orang yang rumahnya dekat dengan masjid akan tetapi tidak terbiasa sholat di masjid. Sebaliknya ada yang rumahnya jauh dari masjid, namun terbiasa ke masjid.

Menurut Fahmi, amal seseorang tergantung dengan siapa orang berteman. Maknanya adalah proses pembiasaan, di mana orang saleh pasti gabung dengan orang saleh. ''Dalam konteks ibadah Shubuh berjamaah, para pegiat shalat Shubuh berupaya mengajak pelajar biasa shalat berjamaah,'' imbuh Fahmi. Peran kepala sekolah dan guru pendamping penting dalam gerakan ini.

Pemerintah Kota Sukabumi sudah menggiatkan shalat Shubuh berjamaah bersama para ASN setiap Jumat di Masjid Agung Sukabumi. Selanjutnya pada Sabtu, shalat Shubuh berjamaah di wilayah kecamatan dan Ahad di Masjid Al Ikhlas, Pemkot Sukabumi.

Lebih lanjut, Fahmi menuturkan, sesuatu yang sudah biasa dilakukan akan menjadi karakter dan budaya seseorang. Di sisi lain gerakan kebaikan oleh kelompok kecil tidak menyurutkan semangat, sebab dari yang kecil mampu mengalahan yang besar secara bertahap asalkan mempunyai komitmen.

Karena itu, gerakan ini semoga diberikan kemudahan dan konsistensi serta membaik dari waktu ke waktu karena menjadi budaya dan karakter.  “Dari pelajar yang soleh akan lahir generasi muda terbaik,'' tutupnya. (nov/dbs/rep/foto: ilustrasi)

 

 

Baca juga:

Ada Yang Baru dalam Shalat Subuh pada Hari Jumat di Masjidil Haram


Back to Top