#HUTRI74

Burj Khalifa Nyalakan Warna Bendera Indonesia di Hari Kemerdekaan RI

gomuslim.co.id - Ekspatriat Indonesia di Dubai UEA akan merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-74 di konsulat pada Sabtu (17/08/2019). Burj Khalifa, menara tertinggi di dunia, dan Markas Adnoc yang ikonik di Abu Dhabi akan menyala dengan warna bendera nasional Indonesia untuk menandai perayaan kemerdekaan itu.

Konsul Jenderal Indonesia Ridwan Hassan memperkirakan ada 100.000 orang Indonesia saat ini tinggal dan bekerja di UEA. 52.000 orang diantaranya berbasis di Dubai dan Emirates Utara. Menurutnya, perayaan tahun ini mengambil tema, "Menuju Indonesia Unggul", yang secara longgar diterjemahkan menjadi 'Melaju ke Indonesia yang makmur. "

Perayaan di konsulat akan diisi dengan berbagai kegiatan hiburan dan menyajikan beragam masakan tradisional Indonesia. Salah satunya tumpeng, nasi berbentuk kerucut perayaan yang dikelilingi oleh aneka hidangan Indonesia.

Fahmi Anhar, warga Indonesia asal Magelang, Jawa Tengah mengatakan merayakan Hari Kemerdekaan sangat penting bagi masyarakat Indonesia.

"Kami dipersatukan di bawah satu bendera. Kami merayakan hari nasional dengan makanan tradisional, permainan menyenangkan, dan bazaar dalam semangat persatuan dalam keanekaragaman. Indonesia memiliki begitu banyak suku, beragam budaya, bahasa lokal, etnis dan agama, tetapi kami tetap satu Indonesia," ujarnya seperti dilansir dari publikasi Khaleej Times.

 

Baca juga:

Muslim Travelers, Ini 10 Destinasi Wisata Ikonik di Dubai

 

Monica Lanny Witanto, warga Indonesia yang sudah lama di Dubai menambahkan kegiatan ini sekaligus nostalgia. Warga asal Jakarta ini menyebut saat masih muda, ia selalu menghadiri upacara kenegaraan selama Hari Kemerdekaan dan menyanyikan lagu-lagu patriotik.

“Sekarang, sejak saya sudah tinggal di UEA, saya hanya menonton upacara, permainan tradisional dan acara militer di saluran TV Indonesia. Tetapi sebagai bagian dari keluarga konsulat, saya diberkati untuk dapat mengabdikan diri untuk negara kita yang indah Indonesia," katanya.

Sementara itu, Hassan mengatakan bahwa UEA dan Indonesia selalu mempertahankan hubungan yang kuat sejak pembentukan hubungan diplomatik pada tahun 1976. "Indonesia dan UAE saling mendukung, khususnya dalam ekonomi. Kedua negara menargetkan peningkatan yang signifikan dalam perdagangan bilateral menjadi USD 5,5 miliar,” jelasnya.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan negara Muslim terpadat. Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, setelah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun dan kemudian oleh Jepang selama tiga setengah tahun. (jms/khaleejtimes)

 

 

Baca juga:

Kampanye Toleransi, Gambar PM Selandia Baru Peluk Muslimah Jadi Mural di Melbourne


Back to Top