Tanggapi Insiden di Papua, PMII Ajak Masyarakat Agar Tak Mudah Terprovokasi

gomuslim.co.id - Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), Agus Mulyono Herlambang menyampaikan keprihatinannya atas insiden yang terjadi di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya. Aksi ini kemudian berbuntut pada aksi demonstrasi yang berujung rusuh di beberapa daerah di Papua dan Papua Barat.

"Kami PB PMII sangat prihatin dengan insiden ini. Mestinya ini tidak perlu terjadi jika masalah diatasi dengan kepala dingin. Tanpa saling menghina sesama saudara sebangsa. Tanpa melakukan kekerasan dan pengrusakan," kata Agus.

Ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga persatuan. "Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia dimanapun berada untuk tetap menjaga persatuan. Jangan mudah terprovokasi. Jangan mau diadudomba. Karena insiden ini berpotensi dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab untuk mengganggu keutuhan NKRI," jelas Agus.

Ia juga meminta agar pihak kepolisian mengusut oknum-oknum provokator dan menindak tegas sesuai hukum.

"Saya minta kepada pihak kepolisian untuk mengusut oknum-oknum provokator dan menindak tegas mereka sesuai hukum. Baik pada insiden di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya maupun pada aksi berujung rusuh di Papua Barat dan Papua," jelas Agus. (nov/dbs/rep)

 

Baca juga:

Ketua MUI Papua Doakan Indonesia Selalu Damai dari Makkah


Back to Top