Bangkitkan Ekonomi Warga Medan, Rumah Zakat Inisiasi Program ‘Kedai Kita’

gomuslim.co.id – Rumah Zakat menginisiasi program Social Enterprise bernama Kedai Kita sebagai bagian dari upaya membangkitkan masyarakat. Program ini bertujuan untuk memasok bahan baku usaha member binaan di desa berdaya dan menjual bahan-bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat sekitar.

Kedai Kita juga menjadi sarana untuk memasarkan hasil produk pelaku UKM agar semakin luas dalam jaringan pemasarannya. Berdiri pada tanggal 1 September 2018, dalam perjalanannya program ini telah membantu memberikan manfaat dan kemudahan terutama bagi member binaan.

“Mereka terbantu dengan adanya Kedai Kita ini, member tidak kesulitan lagi untuk mendapatkan bahan baku yang digunakan untuk produksi usahanya,” demikian keterangan dari Rumah Zakat, Selasa (20/08/2019).

Guna membangkitkan ekonomi sekitar, Kedai Kita juga menjadi alternatif tempat berbelanja bagi warga untuk berbelanja bahan pokok. Selanjutnya, laba yang dihasilkan dari Kedai Kita akan digulirkan kembali untuk dana sosial kepada masyarakat.

 

Baca juga:

Rumah Zakat Luncurkan Badan Usaha Milik Masyarakat

 

Lewat Kedai Kita, produk-produk yang dihasilkan oleh member dikumpulkan dan dibantu pemasarannya. Secara perlahan, program ini mampu meningkatkan omset member binaan yang bergabung.

“Hasil omset yang telah diperoleh Kedai kita selama setahun. Memasuki tahun yang kedua ini, Alhamdulillah, sudah mampu mandiri untuk membayar biaya perpanjangan sewa lokasi usaha sebesar Rp 13.000.000 untuk tahun berikutnya,” sebutnya.

Harapannya, ke depan program ini dapat memberikan manfaat lebih bagi member binaan dan juga warga setempat. Kemudian berlanjut menjaring potensi masyarakat melalui kegiatan-kegiatan bermanfaat, pemasaran produk UKM secara offline maupun secara online.

Selain itu, Rumah Zakat juga akan menyelenggarakan kegiatan edukasi kewirausahaan, pelatihan hardskill seperti pelatihan usaha bakery dan frozen food. (jms/rz)

 

Baca juga:

Rumah Zakat Bekali Pelatihan Bela Diri Wushu untuk Santri Desa Quran Tasikmalaya


Back to Top