Kemenag Siap Gelar Pekan Keterampilan Seni Pendidikan Agama Islam ke-9

gomuslim.co.id - Kementerian Agama (kemenag) akan menyelenggarakan 'Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI)' Tingkat Nasional IX tahun 2019.

Even Nasional para siswa sekolah ini akan berlangsung di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, 9-14 Oktober 2019. 

Pentas PAI merupakan agenda dua tahunan yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik dalam bidang kreatifitas dan seni pendidikan agama Islam. Even ini diharapkan juga dapat mengembangkan keterampilan abad 21 yakni peserta didik yang berfikir kritis (critical thinking), kreatif (creativity), berkomunikasi dengan baik (communication), mampu bekerjasama dengan yang lain (collaboration), dan percaya diri (self confidence) dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0. 

"Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk  mencapai tujuan Pendidikan Nasional, yaitu mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab," ucap Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Ditjen Pendidikan Islam, Rohmat Mulyana Sapdi di Kantor Kementerian Agama Lapangan Banteng, Selasa (20/8/2019).

 

Baca juga:

Peringati Milad ke-26, Islamic Center Bekasi Gelar Parade Baca Puisi dan Pantun

 

Menurutnya, Pentas PAI IX tahun 2019 mengangkat tema "Keberagamaan Generasi Milenial Yang Moderat". Melalui kegiatan ini, diharapkan  dapat terjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai tolok ukur kualitas pembinaan Pendidikan Agama Islam pada satuan pendidikan, dan  meningkatnya keberanian dan kemandirian peserta didik dalam menumbuhkan bakat dan minatnya.

"Pentas PAI juga menjadi ajang menumbuhkan sikap cinta persatuan dan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan rasa tanggung jawab dan demokratis," tuturnya. 

Ada 10 cabang yang dilombakan pada Pentas PAI  IX  2019, yaitu: Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Lomba Pidato PAI, Musabaqoh Hifzhil Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Kaligrafi Islam, Lomba Seni Nasyid, Lomba Debat PAI, Lomba Kreasi Busana dan Cerita Remaja Islam, serta Karya Ilmiah Remaja PAI. (hmz/kemenag)

 

Baca juga:

Dompet Dhuafa Gelar Pawai Sambut Ramadhan Bersama Warga Muslim Indonesia di Hong Kong


Back to Top