Studi YouGov: Ini Daftar Merek Makanan Paling Populer di Negara Mayoritas Muslim

gomuslim.co.id – YouGov, perusahaan riset pasar dan analisis data yang berbasis di Inggris, menerbitkan Global Brand Health Rankings tahunan yang mengukur persepsi konsumen terhadap merek berdasarkan Kesan, Kualitas, Nilai, Kepuasan, Rekomendasi, dan Reputasi.

Untuk peringkat terbaru, skor didasarkan pada survei sampel yang representatif dari konsumen di setiap pasar, dan berdasarkan data dari periode 12 bulan dari 1 Juli 2018 hingga 30 Juni 2019. Jumlah merek dan industri yang dipertimbangkan secara keseluruhan bervariasi dari satu pasar ke pasar lainnya.

Di semua industri di tingkat global, perusahaan teknologi berada di puncak, dengan Google, WhatsApp, YouTube, Samsung dan Facebook di lima besar.

"Hanya dua merek dari negara berpenduduk mayoritas Muslim di 25 besar: Almarai Arab Saudi berada di urutan ke 15 dan Al Baik ke-24. Keduanya berada di industri makanan dan minuman," demikian seperti dilansir dari publikasi Salaam Gateway, Kamis (22/08/2019).

Merek Lokal Menang di KSA

Untuk merek terkait makanan di negara-negara mayoritas Muslim, Arab Saudi adalah satu-satunya pasar di daftar YouGov di mana merek lokal mengalahkan nama asing dalam makanan dan minuman.

Selain 7 Up di tempat kedua, Almarai, Nadec, Al Rabie dan Rabea Tea adalah merek minuman top 5 di Arab Saudi, di mana YouGov melihat 500 merek.

Merek Saudi juga memimpin untuk santapan santai, dengan peringkat Al Baik pertama diikuti oleh Al Tazaj. Baskin Robbin, McDonald dan Domino memegang daftar lima besar.

Namun, tidak ada sweet spot untuk merek Saudi dalam kategori cokelat, permen dan es krim, karena perusahaan besar Mars dan Nestle mendominasi dengan merek Galaxy, Kit Kat, Snickers, dan Twix.

Indonesia

Konsumen Indonesia juga lebih banyak menggunakan merek lokal tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada di Arab Saudi.

Merek-merek Indonesia berhasil dengan baik untuk bahan masakan di mana Indofood berada di puncak, dan merek Bimoli di urutan ketiga. Unilever’s Bango yang kedua dan Royco yang keempat. ABC Heinz berada di urutan kelima.

Merek-merek Amerika mendominasi dalam kategori layanan cepat, atau makanan cepat saji, restoran. Hoka-Hoka Bento adalah satu-satunya nama lokal, di urutan keempat. Orang Indonesia menyukai makanan cepat saji Amerika mereka dengan atasan KFC, diikuti oleh Pizza Hut, McDonald's di urutan ketiga, dan Burger King kelima.

Merek yang sama muncul untuk pengiriman makanan, di mana Pizza Hut Delivery, KFC Delivery, dan McDelivery berada di urutan ketiga, keempat dan kelima. Perusahaan lokal Go-Food adalah nomor satu diikuti oleh Grab yang berkantor pusat di Singapura. YouGov melihat 710 merek di Indonesia.

 

Baca juga:

Sambut PP Tentang Produk Halal, Kalbe Gali Potensi Produk Halal

 

Malaysia

Mirip dengan tetangganya, Indonesia, orang Malaysia juga menyukai merek makanan cepat saji Amerika mereka. Tidak ada nama lokal yang dikenal sebagai santapan santai di Malaysia, di mana McDonald adalah nomor satu, diikuti oleh KFC, Domino's Pizza, Subway, dan Starbucks.

410 merek terlihat di Malaysia.

UAE

Merek-merek yang sama untuk makan santai muncul di UEA di mana aturan McDonald, Baskin Robbins berada di urutan kedua, kemudian Pizza Hut, Starbucks dan KFC.

Mirip dengan Arab Saudi, Mars dan Nestle mendominasi untuk cokelat, permen, dan es krim. Galaxy berada di peringkat kedua, diikuti oleh Kit Kat dan Nestle. Konsumen di UEA pergi dengan Baskin Robbins sebagai nomor satu mereka di kategori ini, dan Ferrero Rocher Italia memegang daftar lima teratas.

Merek lokal dan regional merupakan minuman top di UEA, tempat studi YouGov mengamati 590 merek. Almarai Saudi mungkin nomor satu, tetapi merek UEA Masafi, Al Ain, Mai Dubai dan Al Rawabi berada di lima besar.

Dominasi Makanan Cepat Saji di AS

Konsumen Malaysia, Indonesia, dan UEA mungkin memilih gerai makanan cepat saji Amerika sebagai merek santapan kasual mereka, tetapi di AS itu gambaran yang sedikit berbeda.

Subway dan Pizza Hut adalah satu-satunya dua nama dalam daftar lima restoran cepat saji konsumen Amerika yang serupa dengan konsumen di Malaysia, Indonesia dan UEA, masing-masing berada di urutan kedua dan kelima.

Konsumen A.S. sendiri memilih Panera Bread sebagai merek teratas mereka dalam kategori ini, diikuti oleh Chick-fil-A di urutan ketiga dan Wendy's di urutan keempat. Pilihan makan kasual orang Amerika adalah Olive Garden, Outback Steakhouse, Panera Bread, Texas Roadhouse dan The Cheesecake Factory. (jms/salaamgateway)

 

 

Baca juga:

Sambut Olimpiade 2020, Restoran Jepang Gelar Pameran Makanan Halal


Back to Top