BAZNAS Bengkulu Tuntaskan Pembangunan 46 Rumah Tidak Layak Huni

gomuslim.co.id - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bengkulu Selatan telah menuntaskan pembangunan 41 rumah tidak layak huni (Rutilahu). Dan pada Rabu (21/8/2019) Baznas kembali menyalurkan bantuan dana dari Zakat, Infak dan Sedekah kepada 5 unit rumah tidak layak huni. Totalnya ada 46 unit rumah yang menerima bantuan.

Adapun, lima orang penerima bantuan yakni Hermi warga Desa Batu Ampar Kecamatan Kedurang, Darman Suhadi warga Desa Bandung Ayu Kecamatan Pino Raya, Sapri Nudianto warga Desa Talang Indah Kecamatan Bunga Mas, Mujirah warga Trans Air Sulau Kecamtan Kedurang Ilir dan Sapriyanto warga Desa Air Tenam Kecamatan Ulu Manna.

Assisten III Sekretariat Daerah Kabupaten bBengkulu Selatan, Arjo Arifin saat mewakili Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menyerahkan bantuan rumah tidak layak huni di Desa Bandung Ayu Kecamatan Pino Raya mengimbau kepada masyarakat bergotong royong mengerjakan pembangunan yang menerima bantuan Baznas, agar cepat selesai.

 

Baca juga:

BAZNAS Musi Banyuasin Santuni Korban Kebakaran Hutan

 

“Kalau bisa bantu duit Alhamdulillah, bisa bantu tenaga Alhamdulillah. Kalau bisa warga di sini sama-sama gotong royong, khususnya tukang, alangkah baiknya jika kita bantu, minimal kalau bisa jangan sampai mengeluarkan biaya untuk tukang,” sampai Arjo.

Dalam membantu rumah tidak layak huni, Arjo berpesan agar memperhatikan sisi kesehatan. Seperti Mandi, Cuci dan Kakus (MCK).

“Pesan Pak Bupati, bantuan bedah rumah ini harus ada kamar mandi dan WC. Karena ini penting untuk standar rumah sehat. Jangan sampai seperti sebelumnya, ada bantuan bedah rumah, tapi tidak ada kamar mandi dan WC,” sampai Arjo.

Sementara itu Wakil Ketua Baznas Bengkulu Selatan, Yasin menyampaikan bahwa selain program bedah rumah, masih banyak program Baznas lainnya. Yakni di bidang bantuan modal usaha, bantuan pendidikan, bantuan kesehatan, sosial, bantuan pertanian serta da’i dan advokasi.

“Sejak terbentuk 2016, Baznas telah menyerahkan bantuan rumah tidak layak huni kepada 41 unit, hari ini diserahkan lagi bantuan untuk lima unit rumah. Totalnya sudah 46. Di Kecamatan Pino Raya ini sudah ada tujuh,” jelas Yasin.

Untuk pembangunannya, dilakukan secara swakelolah oleh warga dan dibentuk kepanitiaan.

“Mari sama-sama kita awasi pekerjaan ini. Mungkin bantuan Rp20 juta belum akan cukup, jika masyarakat mau membantu baik dalam bentuk tenaga, material ataupun uang, silahkan. Sebagi bentuk kepedulian sosial sesama,” ujar Yasin.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan dana untuk rumah mikik Darman Suhadi di Desa Bandung Ayu Kecamatan Pino Raya, Sekcam Pino Raya Ikat Aliman, Kepala KUA Pino Raya Winraini, Babinsa, Kepala Desa Bandung Ayu Junaidi dan masyarakat lainnya.

Untuk diketahui, selain dari Baznas, juga ada bantuan untuk rumah tidak layak huni melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman serta Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Selatan. (hmz/baznas)

 

 

Baca juga:

Gandeng BAZNAS, MUI Tanjung Jabung Timur Segera Bangun Alquran Center


Back to Top