Gelar Trip ke Gunung Anak Krakatau, Lampung Krakatau Festival Targetkan 25 Ribu Wisatawan

gomuslim.co.id – Helatan tahunan Lampung Krakatau Festival kembali digelar. Rangkaian kegiatan yang dimulai dari tanggal 18 Agustus 2019 berupa festival kuliner Nusarara konsisten memadukan tradisi tradisional dan modern.

Rencananya, acara puncak akan digelar pada 23-25 Agustus 2019 di Lapangan Saburai, Bandar Lampung. Selain itu, festival Krakatau kali ini juga melakukan perjalanan trip ke Gunung Anak Krakatau (GAK) menggunakan Kapal Jatra III.  Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Lampung, Qudrotul Ikhwan, bahwa ini sebagai bentuk gebrakan Pemda dari LKF tahun sebelumnya.

"Pada Sabtu (24/8/2019) kita akan melaksanakan Trip Krakatau, rencana kawan-kawan Yayasan Patriot Bela Negara mau ikut. Tetapi karena Menteri Pertahanan tidak bisa mendampingi mereka, maka mereka diundur di bulan Desember," katanya.

 

Baca juga:

Ini Jadwal Wisata Selat Sunda Tahun 2019

 

Dalam trip ini, pihaknya telah menyewa Kapal Jatra III untuk mengangkut para peserta yang ikut dalam perjalanan mengelilingi GAK tersebut.

"Kita akan gunakan Kapal Jatra III yang berangkat dari Dermaga Eksekutif Bakauheni. Kita hanya mengelilingi saja satu kali, tidak turun karena tidak boleh, bisa disanksi oleh BKSDA," papar Ikhwan.

Disinggung soal situasi keamanan GAK, dirinya menuturkan bahwa kondisi gunung berapi itu masih dalam tingkat aman. "Sementara kondisinya masih jinak sampai saat ini kita akan monitor terus. Para peserta juga kita asuransikan, kita sudah fasilitasi yang baik," ucapnya.

Dalam pelaksanaan LKF tahun ini, pihaknya telah mengelontarkan dana sekitar Rp400 juta yang bersumber dari APBD Dinas Pariwisata Provinsi Lampung. "Anggaran sebagain besar pakai APBD Dinas Pariwisata, dinas lain yang kita ajak juga pakai anggaran mereka, seperti Satpol PP sebagai pengamanan dan seterusnya itu pakai anggaran mereka," paparnya.

Ikhwan mengharapkan bahwa LKF 2019 akan lebih banyak mengundang wisatawan ke Provinsi Lampung sebagai destinasi wisata di Indonesia.

"Kita harap ada peningkatannya, tahun kemarin ada 20 ribu yang datang ke Lampung, target tahun ini 25 ribu wisatawan. Memang kalau tahun ini ada kendala soal peningkatan arus wisata ke Lampung karena dampak tsunami," pungkasnya. (nov/dbs/Instagram/kumparan)

 

Baca juga:

Kabar Gembira! Bakauheni Bakal Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Baru di Lampung


Back to Top