Baru Diresmikan, Masjid Ini Diklaim sebagai Masjid Terbesar dan Terindah di Benua Biru

gomuslim.co.id – Republik Chechnya, Rusia baru-baru ini meresmikan Masjid berjuluk ‘Heart of Chechnya’. Peresmian Masjid terbesar dan terindah di Benua Biru ini dihadiri lebih dari 200 tamu dari 43 perwakilan Negara-negara Islam. Pembukaan langsung dibawah perlindungan Presiden Chechnya, Ramzan Akhmadovich Kadyrov.

Masjid dengan dekorasi marmer ini disebut bisa menampung lebih dari 30.000 jemaah di dalam dan 70.000 jemaah di luar. Masjid baru ini telah digembar-gemborkan sebagai ‘Kebanggaan Muslim’ yang terletak di Kota Shali, Chechnya. Halaman masjid, ditanami dengan bunga dan ditaburi dengan air mancur.

Dilansir dari publikasi Sputnik, Sabtu (24/08/2019), pembangunan masjid ini telah memakan waktu tujuh tahun. Struktur Masjid tersebar di lima hektar, kubah utamanya setinggi 40 meter dan memiliki empat menara setinggi 63 meter.

Masjid yang baru dibangun ini didedikasikan untuk presiden pertama Chechnya, Akhmad Kadyrov, ayah dari pemimpin wilayah saat ini, Ramzan Kadyrov. Upacara ini juga dihadiri oleh utusan presiden untuk Distrik Federal Kaukasia Rusia Utara Alexander Matovnikov dan Menteri Urusan Kaukasus Utara Federasi Rusia Sergey Chebotarev.

Dalam peresmian, Matovnikov membacakan pesan ucapan selamat dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Pembangunan masjid sudah dimulai sejak Desember 2012.

 

Baca juga:

Bisnis Makanan Halal Makin Berkembang di Kota Moskow Rusia

 

Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov, yang mengawasi pembangunan masjid yang dinamakan Amruddi Edilgiriev, mengatakan bahwa pembukaan tersebut dilakukan tepat sebelum ulang tahun presiden pertama Chechnya Akhmad-Haji Kadyrov.

Sekretaris Jenderal Liga Dunia Muslim (MWL) Dr. Mohammed bin Abdul Karim Al-Issa menyampaikan khotbah Jumat pertama di Masjid ini atas permintaan Presiden Kadyrov.

Kadyrov menyambut delegasi Saudi dan mengucapkan selamat kepada kepemimpinan Kerajaan atas keberhasilan musim haji tahun ini. Dia memuji dukungan Saudi untuk persatuan Islam, menyebarkan moderasi dan memerangi semua bentuk kekerasan, ekstremisme dan terorisme.

Sekretaris jenderal Organisasi Kerjasama Islam, Dr. Yousef bin Ahmed Al-Othaimeen, juga menghadiri pembukaan masjid. (jms/sputnik)

 

Baca juga:

Jadi Mayoritas Terbesar Kedua di Eropa Timur, Begini Perkembangan Islam Rusia

 


Back to Top