LAZNAS Yakesma bersama YBM PLN Luncurkan Program Budidaya Ikan Hias Berbasis Komunitas

gomuslim.co.id – Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi besar dengan nuansa alam yang masih asri. Memiliki banyak lahan terbuka hijau dan masih terdapat perkampungan yang alami menjadi salah satu potensi yang dapat diberdayakan untuk membantu meningkatkan perekonomian para warganya.

Pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan menjadi titik tolak penyelenggaraan Program Kelompok Usaha Cahaya Madani (KUCM) Budidaya Ikan Hias Berbasis Komunitas. Lokasi yang dicanangkan untuk program budidaya ikan hias ini di Desa Parigi Mekar, Desa Babakan dan Desa Ciseeng, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Tujuan pada program ini mengacu pada SDG’s nomor 1 yaitu menghapus kemiskinan dan nomor 11 pembangunan kota dan komunitas yang berkelanjutan.

Untuk menyemarakan ide besar ini LAZNAS Yakesma menjalin kerjasama dengan YBM PLN meluncurkan program Kelompok Usaha Madani (KUM) Budidaya Ikan Hias Berbasis Komunitas melaui acara ‘Launching Program Budidaya Ikan Hias’.

 

Baca juga:

YBM PLN Kirim 1,8 Juta Liter Air Bersih untuk 4 Kecamatan di Kabupaten Wonogiri

 

Acara launching ini diadakan dengan beberapa rangkaian kegiatan mulai dari bersepeda santai, pembagian 50 paket sembako untuk dhuafa dan 19 paket belajar untuk TPQ, penampilan kesenian dan pelepasan bibit ikan hias, sampai dengan penyaluran dana usaha untuk 10 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang.

Hadir dalam acara ini Plh Wakil Ketua YBM PLN Agus Saifullah Nur, Ketua II YBM PLN Martono, Deputi Direktur YBM PLN Salman Al-farisi, dan jajaran Direksi LAZNAS Yakesma.

‘Launching Program Budidaya Ikan Hias’ ini dilakukan untuk sosialisasi dan kampanye program kepada masyarakat dan pihak terkait lainnya. Acara launching ini sendiri terdiri dari Bike to Care yang dilakukan dengan bersepeda bersama dari Saung Sultan sampai Cahaya Madani Farm. Kemudian aksan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan bibit ikan, simbolik pembagian Sembako, Simbolik pembagian bingkisan sekolah dan pelepasan bibit ikan secara simbolik.

Kurang lebih 200 orang dari Yakesma, YBM PLN dan para aparatur desa serta para penerima manfaat ikut serta dalam ‘Launching Program Budidaya Ikan Hias’. Bersama itu, sejumlah 10 paket bibit ikan hias diserahkan kepada para petani binaan LAZNAS Yakesma. 

Optimisme akan berkembangnya program ini diperkuat oleh fakta-fakta bahwa Kabupaten Bogor merupakan salah satu kabupaten penyokong utama produksi ikan hias di Provinsi Jawa Barat, khususnya ikan hias air tawar. Pada tahun 2015, produksi ikan hias Kabupaten Bogor sebesar 242,52 juta ekor (Disnakkan Kabupaten Bogor) atau 42,4% dari total produksi Jawa Barat atau 18,4% dari total produksi secara nasional. Data produksi tersebut menunjukkan bahwa Kabupaten Bogor memiliki potensi ikan hias yang besar untuk dapat dikelola dengan baik sehingga memberikan dampak secara ekonomi bagi masyarakat.

Maka dari itu dalam program ini akan dilaksanakan pemberdayaan dampingan selama satu tahun untuk masyarakat Ciseeng yang merupakan peternak ikan hias. Pendampingan tersebut dimaksudkan untuk mendampingi para peternak ikan hias agar memiliki produktifitas yang maksimal guna meningkatkan penghasilan dan mengurangi angka kemiskinan yang ada dimasyarakat. Jenis ikan hias yang akan dibudidayakan terdiri dari dua jenis yaitu ikan koi dan ikan louhan. Kedua ikan ini merupakan jenis ikan primadona dan memiliki nilai jual yang tinggi. 

Pengembangan dari program ini tidak hanya sampai pada pemberdayaan kelompok namun akan dijadikan pusat perkembangan masyarakat dalam bidang sosial, keilmuan dan ekonomi di daerah tersebut. Pembangunan gedung serbaguna yang bisa digunakan TPQ dan pengajian rutin ibu-ibu bagian dari perencanaan program yang akan dilaksanakan untuk membangun karakter masyarakat yang lebih baik dan mandiri beririangan dengan pemberdayaan dampingan ikan hias. (hmz/gomuslim)

 

 

Baca juga:

Manggarai Kebakaran, YBM PLN Buka Posko Layanan Kesehatan


Back to Top