#TahunBaru1441H

Catatkan Sejarah, 4000 Peserta Hadiri Jakarta Muharam Festival 2019

 

gomuslim.co.idAda yang berbeda di tahun baru islam 2019 ini, Jakarta Muharram Festival 2019 sukses digelar  pada Sabtu (31/08/2019) yang diselenggarakan di area Bundaran Hotel Indonesia. Agenda dalam acara ini yakni shalat magrib dan isya berjamaah, hiburan yang dihadiri artis ibu kota seperti Kotak, Wali, Pasha dan Ustadz Maulana. Ada juga pawai obor membuat acara semakin meriah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut serta dalam keramaian itu. Ia mengucapkan terima kasih kepada antuasisme warga dan peserta. "Insyaallah kita rayakan setiap tahun, doakan kita bisa rayakan lagi," ujarnya Sabtu, (31/08/2019).

Pawai obor elektrik dihadiri sekitar 4000 orang, ini menjadi sejarah bagi Jakarta melakukan pawai obor dihadiri banyak peserta. Para peserta obor ini datang dari enam wilayah kota Jakarta yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu.

Mengenakan pakaian koko khas Betawi bagi laki-laki dan kebanyakan perempuan mengenakan gamis seluruh peserta larut dalam suasana Muharram, dalam acara ini pawai obor dilaksanakan berbeda memberikan kesan modern. Tongkat obor yang digunakan terbuat dari bahan plastik dengan ditambah lampu elektrik.

 

Baca juga :

Sambut Tahun Baru Hijriyah, Warga Kabupaten Bekasi Gelar Pawai Obor

 

Anies berharap perayaan seperti ini bisa diselenggarakan kembali ditahun-tahun berikutnya. Ia juga berharap masyarakat bisa menyambut tahun baru islam ini dengan lebih baik lagi.

"Insya Allah kita buka babak baru di tahun 1441 hijriah ini," tegasnya.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada tiap pemerintah kota di DKI. Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi atas keikutsertaan tiap wilayah dalam rangka pawai obor elektrik menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriah di pagelaran Jakarta Muharram Festival.

Penghargaan diberikan langsung Anies kepada masing-masing perwakilan pemkot. Keenam wilayah itu juga mendapatkan hadiah masing-masing Rp 25 juta.

Kategori penghargaan di antaranya:

- Kostum terbaik diterima oleh Jakarta utara

- Keserasian grup terbaik diterima oleh Kepulauan Seribu

- Harmonisasi musik terbaik diterima oleh Jakarta pusat

- Ekspresi terbaik diterima oleh Jakarta barat

- Koreografi terbaik diterima oleh Jakarta timur

- Penampilan terbaik diterima oleh Jakarta Selatan (waf/detik/dbs)


Back to Top