Gandeng BNI Syariah, MAN Batam Realisasikan Kartu Pelajar Digital

gomuslim.co.id -Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batam tahun ini kembangkan inovasi di lingkungan sekolah. Bekerjasama dengan Bank BNI Syariah, Kartu Pelajar konvensional beralih menjadi Kartu Pelajar Digital.

Inovasi ini dinilai memiliki beberapa manfaat, selain digunakan sebagai identitas, kartu ini bisa digunakan untuk pembayaran non tunai. Sejak 24 April 2019 kartu ini sudah didistribusikan kepada siswa. Rencananya untuk tahap awal, kartu ini diujicobakan pada siswa kelas XI.

Kepala MAN Batam, Khairina, menuturkan pada  di tahap awal, kartu akan digunakan untuk proses transaksi di Koperasi,” ungkapnya, Selasa (03/09/2019)

 

Baca juga :

Siswa MAN 1 Bukittinggi Terpilih Jadi Delegasi Pemuda Ayimun PBB

 

Program ini ternyata sudah dirancang sejak tahun 2018. Namun di tahun 2019 ini baru bisa terrelisasikan karena sebelumnya ada kendala teknis. “Ke depan, seluruh siswa akan mendapat kartu ini dan menggunakannya untuk berbagai manfaat dan kegunaan  lainnya,” jelas Khairina

Kepala Cabang Pembantu BNI Syariah Batuaji, Abdi Tunggal menjelaskan “Ini juga sebagai kartu absen, di mana setiap siswa masuk atau pulang, maka notifikasi akan otomatis terkirim ke aplikasi Platform Sekolah Pintar (PSP) yang sudah diunduh oleh orang tua siswa. Begitu juga untuk setiap transaksi,” tutur Abdi.

Namun Khairina menjelaskan jika hal ini masih perlu sosialisasi terutama kepada orang tua agar memahami betul bagaimana menggunakan aplikasi Platform Sekolah Pintar (PSP). Sejauh ini, pihak MAN Batam masih menungu kedatangan alat pindai yang masih dalam pengiriman. Kesempatan itu dimanfaatkan untuk sosialisasi, baik ke siswa maupun orang tua. 

Sejalan dengan hal tersebut salah satu siswa kelas XI MAN Kota Batam, Dianisa, mengaku antusias dan gembira dengan adanya kartu digital. Dia menilai kartu itu dapat memudahkannya dalam bertransaksi. "Kesannya sangat modern dan bergengsi. Semoga segera bisa dioperasikan,” ujarnya. (waf/kemenag/dbs)


Back to Top