Aktor Giovanni Tobbing Akui Jadi Mualaf

gomuslim.co.id – Nitizen dikagetkan dengan kabar seorang aktor berusia 35 tahun, Giovanni Tobbing yang telah menjadi seorang muallaf. Sebelumnya, diketahui Giovanni menghadiri kajian Ustad Abdul Somad pada agenda yang digelar oleh Komunitas Musyarawarah.

Sepi pemberitaan terkait pindahnya Giovanni menjadi mualaf setelah dirinya menikah. Kabar jika Giovanni Tobing telah menjadi mualaf diketahui dalam sebuah akun youtube.

Dalam isi youtube, Giovanni mengungkapkan, Islam adalah agama yang luar biasanya. Ia mengaku, jika dirinya masih mempelajari dan memperdalam ilmu agama. Ia juga mulai membiasakan untuk salat lima waktu sehari.

 

Baca juga:

Sering Dengar Shalawat Sabyan Gambus, Youtuber Korea Ini Memeluk Islam

 

Pada video tersebut, terlihat Giovanni yang tengah mengajukan pertanyaan kepada Ustad Abdul Somad. Pertanyaan yang diajukan Giovanni, Pertama, ketika buah hatinya menanyakan bunyi bacaan dalam kitab suci Alquran.

Kemudian keresahan keduanya adalah mengenai bagaimana mencari guru yang cocok untuk dapat menuntunnya ke jalan yang benar. Dan pertanyaan ketiganya yaitu Giovanni menanyakan perihal mazhab yang cocok untuk dipilih oleh dirinya sebagai mualaf.

Ustad Abdul Somad (UAS) pun menanggapi pertanyaan Giovanni. UAS menjawab pertanyaan pertama Giovanni dengan cerita bagaimana saat pertama kali Umar bin Khattab menjadi khalifah dan ketakutan karena tidak ada yang akan meluruskannya.

"Pertama, bahwa dalam Islam tidak ada holly man setelah Nabi Muhammad SAW. Tak ada manusia suci yang antikritik, yang tak boleh diperbaiki,  diluruskan. Makanya ketika Umar bin Khattab jadi khalifah dia menangis. Kenapa? Karena dia sekarang punya jabatan tinggi dia takut nanti  sahabat tidak ada satupun yang bisa meluruskan dia. Tapi kemudian ketika ada sahabat berkata kalau kau salah Umar bin Khattab aku yang akan meluruskan. Dia peluk alhamdulillah masih ada hamba Allah yang meluruskan," katanya.

UAS menyampaikan jika dalam memilih guru ada tiga hal yang menjadi dasarnya yaitu Alquran, Sunah, dan mengikut ulama. Kemudian, Ustad Abdul Somad menceritakan ada tiga mazhab Hanafi, mazhab Syafii, dan mazhab Maliki dan bagaimana pelaksanaannya.

Dalam penjelasannya, Ia sampaikan, lebih memilih mazhab Syafii, sebab orang awam akan mengikuti mazhab gurunya, di mana pada saat itu guru Ustad Abdul Somad mengikuti mazhab syafii.

Pengakuan mualaf Giovanni Tobing itu mengundang doa dari para warganet. Banyak yang berharap Giovanni dapat istikamah memeluk agama Islam. (hmz/gomuslim/detik/dbs)

 

Baca juga:

Wisma Mualaf Bintaro Jadi Pusat Pembinaan Keislaman dan Penguatan Akidah


Back to Top