#KabarHaji

Alhamdulillah, Lebih dari 29 Ribu Jemaah Haji Jabar Sudah Tiba di Tanah Air

gomuslim.co.id - Jemaah Haji asal Provinsi Jawa Barat yang telah tiba di Tanah Air hingga hari ini sebanyak 29.652 orang. Mereka  tergabung dalam 73 kelompok terbang atau kloter.

"Masih ada 24 kloter lagi atau kurang lebih 10.000 jemaah asal Provinsi Jawa Barat yang berada di Tanah Suci," terang Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah sekaligus Sekretaris PPIH Embarkasi/Debarkasi Jakarta Bekasi 1440H/2019M Ajam Mustajam di Bekasi, Selasa (03/09).

Menurutnya, penyambutan jemaah haji Jawa Barat dilakukan di Asrama Haji Bekasi. Setibanya di asrama, jemaah disuguhi makanan dan minuman di aula asrama. Selanjutnya, dilakukan pelepasan dari PPIH Provinsi Jabar kepada Pemerintah Daerah asal masing-masing jemaah.

"Sampai hari ini, ada 70 jemaah asal Provinsi Jawa Barat yang wafat. Sebanyak 69 di antaranya wafat di Tanah Suci, sedang satu orang wafat saat tiba di Bandara Soekarno Hatta," tuturnya.

“Jumlah jemaah wafat asal Provinsi Jawa Barat tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu," sambungnya.

Meski demikian, Ajam menilai, pelaksanaan Ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan baik, sejak dari pemberangkatan hingga kepulangan. Ajam berharap, peningkatan kualitas layanan berdampak pada kualitas ibadah jemaah.

"Sesuai arahan Menteri Agama, ke depan, kita akan lebih fokus lagi pada manasik dan bimbingan ibadah," tandasnya.

163.851 Jemaah Haji Indonesia Sudah Kembali ke Tanah Air

Sebanyak 163.851 jemaah haji Indonesia sudah kembali ke Tanah Air. Mereka berasal dari 407 kelompok terbang (kloter) dari 13 embarkasi. Adapun total jemaah haji yang dipulangkan sudah mencapai 167.891 orang dari 417 kloter. Sementara jumlah petugas yang sudah kembali 2.085 orang.

Demikian mengutip Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, Senin (09/09).

Sementara jemaah haji yang wafat sudah mencapai 436 orang. Mereka wafat antara lain di Makkah, Madinah, Jeddah dan bandara. Saat ini seluruh jemaah haji gelombang kedua sudah berada di Madinah. Sebelum secara bertahap dipulangkan ke Tanah Air.

Pemulangan jemaah haji gelombang kedua berlangsung di Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah. Sebelumnya, Sebanyak 460 petugas haji Daerah Kerja (Daker) Makkah merampungkan tugasnya di Arab Saudi. Mereka kini sudah kembali ke Tanah Air. Kepulangan petugas Daker Makkah terbagi dalam dua gelombang melalui Bandara King Abdulaziz, Jeddah. (mch/rilis/dbs)

 

Baca juga:

Nur Asiah, Jemaah Haji yang Berhasil Laksanakan Ibadah Haji dalam Kondisi Sakit Stroke


Back to Top