Alun-Alun di Leicester Inggris Ini Dinamai Tokoh Muslim Terkenal

gomuslim.co.id - Seorang imam dari Leicester mendapat kehormatan setelah lebih dari 40 tahun melayani komunitas Muslim. Dia adalah Syekh Adam Sahib, salah satu tokoh masyarakat Leicester yang paling dihormati. Atas layanan yang luar biasa, namanya kini dipakai menjadi nama sebuah alun-alun atau area publik.

Imam berusia 85 tahun, Syekh Maulana Adam Sahib, adalah penjaga Masjid Jame di Asfordby Street di Spinney Hills, di mana area publik baru saja diberi nama Syaikh Adam Square.

Ketua Masjid Jame, Iqbal Mandala, mengatakan bahwa dirinya telah bersama Syaikh Adam sejak usia 12 tahun. Awalnya, kata dia, Syekh Adam tidak mau melakukannya. Syekh Adam tidak meminta tanda karena dia sangat rendah hati. Namun, masyarakat ingin memberikan penghormatan kepadanya.

"Ketika dia masih muda, orang-orang akan mengetuk pintunya 24 jam sehari untuk meminta nasihat atau mengobrol. Dia selalu ada di sana untuk orang-orang. Kami bukan komunitas terpencil yang kami sukai untuk bekerja dengan orang-orang dan itu adalah bagian besar dari apa yang telah ia dorong selama bertahun-tahun. Sangat menyenangkan bahwa itu diakui oleh pihak berwenang," ujarnya seperti dilansir dari publikasi Leicestershire Live, Rabu (11/09/2019).

 

Baca juga:

Hijaber Ini Menangkan Penghargaan Layanan Pemuda di Windsor Inggris

 

Gagasan untuk tanda baru ini diprakarsai oleh anggota parlemen East Leicester Keith Vaz yang merupakan pendukung masjid tersebut. “Saya senang bahwa kota ini menghormati seorang pria yang telah melakukan begitu banyak hal untuk menyatukan masyarakat,” kata Vaz.

Area Bukit Spinney di mana tanda penghargaan didirikan, sebelumnya biasa digunakan sebagai area bermain oleh anak-anak. Menurut Iqbal, itu bukan hanya tanda, tetapi memiliki banyak arti bagi orang-orang di daerah sekitar.

"Meskipun kita biasanya menghormati seseorang setelah mereka lewat, ini adalah pengakuan fantastis dari seseorang yang telah melakukan begitu banyak hal dan masih bersama kita," ucapnya.

Untuk diketahui, Leicester bukan hanya salah satu kota terbesar di Inggris, tetapi juga salah satu yang tertua. Saat ini, agama Kristen mendominasi 32,4% dari keseluruhan populasi. Agama kedua yang populer di Leicester adalah Islam. Muslim di sana tercatat ada 18,6% dari populasi. (jms/Leicestershire/aboutislam)

 

Baca juga:

Kampanye Dua Dekade Lebih, Muslim Lancashire Ingris Akhirnya Dapat Tempat Pemakaman Baru


Back to Top