Liga Dunia Muslim dan Evangelis Bahas Koeksistensi dan Harmoni Internasional

gomuslim.co.id - Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL), Dr. Mohammed bin Abdulkarim Al-Issa, bertemu dengan Joel Rosenberg, kepala delegasi pemimpin Kristen Evangelis, di Jeddah, Arab Saudi, Rabu (11/09/2019). Pertemuan tersebut merupakan peringatan serangan 9/11, dan bertujuan untuk membahas cara mempromosikan koeksistensi dan harmoni internasional.

Dalam pernyataan bersama, MWL dan delegasi menekankan nilai-nilai bersama dan berjanji untuk mempromosikan kerja sama dalam konteks ini. Kedua pihak menekankan perlunya melepaskan segala bentuk ekstremisme, kebencian, dan bekerja sama untuk membangun jembatan antara orang-orang dari semua agama dan budaya.

“Mereka sepakat untuk mempromosikan penghormatan terhadap agama dan rasa saling percaya, dan berkomitmen untuk mengatasi hambatan untuk hidup berdampingan dan mengakhiri kekerasan melalui pendidikan dan mendorong kerukunan beragama dan integrasi budaya, ras dan nasional,” demikian seperti dilansir dari publikasi Arab News, Kamis (12/09/2019).

 

Baca juga:

Liga Dunia Muslim dan Patriarkat Moskow Jalin Kerjasama Dialog Antar Agama dan Perdamaian

 

Kedua belah pihak menekankan pentingnya keluarga dalam membangun masyarakat yang sukses dan membesarkan generasi dengan nilai-nilai moderasi, cinta, dan rasa hormat terhadap orang lain.

Pernyataan lain menyebutkan bahawa kewarganegaraan secara luas menjamin keadilan bagi semua orang, dan konstitusi serta aturan hukum harus dihormati di semua negara. Itu menekankan pentingnya tempat ibadah di seluruh dunia, dan kebutuhan untuk menuntut semua yang menyerang mereka.

MWL dan Evangelis sepakat untuk membangun dan mendorong program dan inisiatif untuk memerangi kelaparan, kemiskinan dan penyakit. Kedua pihak mengakui hak atas kebebasan pribadi selama itu tidak mengarah pada menganiaya orang lain, terutama atas dasar agama, budaya atau ras.

Sebelumnya, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman bertemu Rosenberg dan delegasi. Mereka menekankan pentingnya upaya bersama untuk mempromosikan koeksistensi dan toleransi, dan untuk memerangi ekstremisme dan terorisme. (jms/arabnews)

 

Baca juga:

Menteri Urusan Islam Saudi Soroti Upaya Kerajaan Sebarkan Moderasi


Back to Top