Kenalkan Islam, Komunitas Muslim Birmingham Ajak Wanita Coba Kenakan Hijab

gomuslim.co.id – Ada banyak cara unik mengenalkan Islam kepada khalayak. Salah satunya seperti yang dilakukan komunitas Muslim Inggris ini. Di pusat Kota Birmingham, komunitas ini mengundang masyarakat, wanita non-Muslim, untuk mencoba mengenakan hijab.

Dalam akun facebooknya, WAMYUK menyatakan bahwa acara ini mendapat respons yang luar biasa dari publik. Masyarakat senang dan antusias mencoba mengenakan hijab seperti layaknya wanita Muslim.

“Mereka ingin mencoba dan merasakan bagaimana rasanya mengenakan hijab. Ketika mereka melihat wajah mereka (dengan hijab) melalui cermin, wajah mereka menjadi sangat menarik, masyarakat menyukainya," tulisnya di laman WAMYUK seperti dilansir dari publikasi aboutislam, Kamis (12/09/2019).

Dalam Islam, hijab merupakan kode berpakaian wajib, bukan simbol agama yang menunjukkan afiliasi seseorang. Acara di Birmingham dan acara serupa diadakan di seluruh dunia ini digelar untuk menunjukkan dukungan kepada wanita Muslim yang memilih mengenakan hijab dan mungkin menghadapi serangan karena keputusan mereka.

Mereka yang mencoba hijab pada acara 8 September ditawari tas hadiah yang berisi syal baru, mawar merah, permen, dan informasi tentang wanita dalam Islam.

 

Baca juga:

Masjid Birmingham Sabet Penghargaan Masjid Terbaik di Inggris

 

“Sebagai seorang Muslim, adalah tugas kita dalam Islam untuk menyebarkan kebaikan, cinta, rasa hormat, dan pengertian di antara komunitas dan itulah sebabnya kita melakukan acara ini, sebagian besar waktu, orang-orang dari komunitas agama lain mengatakan kepada kita bahwa hadiah ini akan disimpan di dalam hati untuk tahun-tahun mendatang,” tulis kelompok itu.

WAMYUK adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk membangun jembatan perdamaian dan persatuan dalam masyarakat multikultural Inggris. Dengan mensponsori berbagai kegiatan, kelompok ini bekerja untuk mendidik kaum muda Muslim untuk kebaikan bersama dan mempromosikan pemahaman di antara orang-orang dari komunitas yang berbeda.

Dalam Sensus 2011, 21,8% populasi Birmingham mengidentifikasi diri mereka sebagai Muslim. Ini secara signifikan lebih tinggi daripada rata-rata untuk Inggris dan Wales di 4,8%. (jms/aboutislam)

 

Baca juga:

Warga Muslim di Inggris Ini Bagikan Makanan Gratis ‘Islamic Food Bank’ untuk Warga Dhuafa


Back to Top