Inilah Muslimah Pertama yang Terpilih Jadi Anggota Dewan di Nashville AS

gomuslim.co.id – Aktivis muslimah di Negeri Paman Sam kembali menorehkan sejarah. Dia adalah Zulfat Suara yang baru-baru ini menjadi Muslim pertama terpilih menjadi anggota Dewan Metro di Nashville, Amerika Serikat meskipun menghadapi banyak komentar dan ancaman Islamophobia.

"Saya harus mengatakan pada diri sendiri jika saya tidak masuk dewan, besok saya akan bangun dan terus melakukan apa yang saya lakukan sebagai aktivis. Saya mendengar pendukung saya bersorak. Dan saya berpikir, ‘Saya punya kesempatan’,” ujar Zulfat seperti dilansir dari publikasi The Tennessean, Senin, (16/09/2019).

Zulfat memenangkan satu dari empat kursi dalam At-Large Metro Council. Dia berhasil meraup 34.237 suara, yang cukup untuk membuatnya mendapatkan kursi keempat. Dengan raihan kursi teresbut, Zulfat mengatakan bahwa dewan sekarang lebih mewakili keragaman Nashville.

"Bagi saya, itu berarti dewan lebih mirip kota yang kami wakili. Saya mendapat dukungan yang sangat beragam. Baik dari kalangan masyarakat hitam, putih, Muslim, non-Muslim, muda, tua, lurus. Ini adalah pesan kepada orang-orang bahwa kita adalah kota yang ramah dan kota yang beragam," tambahnya.

Meskipun tidak ada perkiraan resmi, AS adalah rumah bagi minoritas Muslim yang diperkirakan berjumlah enam hingga delapan juta.

 

Baca juga:

Dua Negara Ini Masih Perjuangkan Muslimah Bisa Berhijab

 

Banyak wanita Muslim telah membuat prestasi di lingkaran politik baru-baru ini. Pada tahun 2018, Ilhan Omar terpilih sebagai anggota Kongres Amerika-Amerika pertama (dan mengenakan jilbab!) di AS.

Rashida Tlaib, seorang anggota Kongres Palestina-Amerika, juga terpilih untuk mewakili distrik kongres ke-13 Michigan. Movita Johnson-Harrell membuat sejarah Maret lalu setelah memenangkan pemilihan khusus yang diperebutkan untuk kursi Distrik 190, menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih sebagai wakil negara di Pennsylvania. (jms/The Tennessean/aboutislam)

 

Baca juga:

Simposium Warga Muslim Kulit Hitam Kanada Resmi Dibuka


Back to Top