Lirik Potensi Produk Halal, BukaLapak Siapkan Rencana Pengembangan Fitur Syariah

gomuslim.co.id – BukaLapak berencana mengembangkan fitur marketplace syariah pada platformnya untuk menjangkau pengguna lebih luas. Rencana tersebut mengingat adanya peningkatan kebutuhan pengguna terhadap produk halal dan syariah.

Demikian disampaikan Presiden BukaLapak, Muhamad Fajrin Rasyid, Senin (16/09/2019). Ia menilai, peningkatan kebutuhan produk halal dan syariah di masyarakat Indonesia saat ini terus berkembang.

“Jadi ini adalah fitur dalam BukaLapak sehingga masyarakat bisa menemukan produk halal dan syariah. Ada peningkatan di sector ini. Terbukti bahwa produk investasi syariah di BukaLapak secara size lebih besar dibandingkan produk konvensional,” ujarnya.

Selain itu, sambung dia, rencana tersebut muncul karena ada dorongan dari Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) agar BukaLapak bisa memanfaatkan platform digital yang dimiliki untuk mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia.

“Saat ini masih pada tahap pengumpulan dan pendataan produk-produk halal yang akan masuk dalam platform. Sehingga kami belum bisa memastikan target waktu untuk meluncurkan fitur berbasis syariah ini,” katanya.

Nantinya, pengguna bisa mencari berbagai produk halal dalam fitur syariah itu seperti fitur-fitur yang sudah ada seperti Buka Reksa, Buka Zakat, dan Buka Modal serta pengguna juga akan menggunakan payment gateway berbasiskan syariah. 

“Belanja Berkah menjadi target dalam mengantarkan produk langsung ke tangan para pelanggan,” paparnya.

 

Baca juga:

Bukalapak Dorong Pengembangan Dua Produk Investasi Syariah Ini

 

Menurut Fajrin, tren produk halal dan syariah saat ini sangat berpotensi sebagai rantai ekosistem ekonomi digital syariah dengan didukung fakta terkait posisi Indonesia yang memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia sehingga menjadi salah satu sasaran marketplace berbasis syariah yang sangat besar.

Selain itu, Bukalapak juga terbuka pada berbagai kolaborasi dengan penyedia akses pembiayaan syariah, baik perbankan maupun financial technology. Fajrin mengajak agar lembaga keuangan syariah bisa membantu pendanaan bagi pengusaha UKM produk halal di Bukalapak.

“Belum banyak yang menggarap potensi ini. Diharapkan dengan munculnya marketplace syariah dan halal, maka pengusaha UMKM bisa terbantu dari segi pendanaan. Sehingga sektor riil halal pun bisa ikut bergerak terakselerasi,” ungkapnya. (jms/antara/dbs)

 

 

Baca juga:

Bukalapak Berharap Jadi Alibaba atau Amazon untuk Gaet Muslim Timur Tengah


Back to Top