BWA Indonesia Bagikan Puluhan Ribu Alquran di Sorong Papua Barat

gomuslim.co.id – Badan Wakaf Al-Qur'an (BWA) membagikan 19.740 eksemplar Alquran ke Provinsi Papua Barat. Penyerahan Al-Quran secara gratis ini dilakukan oleh CEO BWA Indonesia Ustad Heru Binawan secara simbolis kepada Ketua MUI Kota Sorong Abdul Manan Fakaubun, yang berlangsung di Gedung Al Akbar Convention Center Kota Sorong.

CEO BWA Indonesia Ustad Heru Binawan mengatakan khususnya di Kota Sorong mendapatkan wakaf Al-Quran sebanyak 12.000 eksemplar, Kabupaten Raja Ampat 3000 eksemplar, Manokwari 2000 eksemplar dan Kabupaten Bintuni 2000 eksemplar.

"Al-Qur'an yang kami bagi ini merupakan Al-Qur'an Mushaf dan terjemahannya. Sebenarnya di Papua Barat mendapatkan wakaf Al-Quran sebanyak 50.000 eksemplar, namun baru 20.000 yang dibagi dan masih ada sekitar 30 ribuan Al-Qur'an yang akan dikirimkan lagi ke Papua Barat," jelasnya.

 

Baca juga:

BWA Ajak Masyarakat Berwakaf dalam Program ‘Cahaya untuk Suku Togotil’ di Patlean Halmahera

 

Lebih lanjut, kata Heru, Qur'an waqaf ini berasal dari wakif yang mewakafkan melalui BWA. Dalam hal ini BWA akan menyerahkan kepada mereka yang membutuhkan, jadi bukan BWA yang memiliki uang banyak dan tetapi dari donasi kaum muslimin yang berwakaf.

Menurutnya, khusus di Kota Sorong yang bertanggung jawab untuk proses pembagian adalah Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) atau pengurus Masjid Al-Akbar. Sebab merekalah yang memiliki data siapa saja yang akan diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan Al-Qur'an.

"Kami berharap dengan adanya wakaf ini, Alquran bisa menjadi motivasi bagi kaum muslimin di Papua untuk mempelajari Islam dan menyebarkan Islam," harapnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Sorong H. Abdul Manan Fakaubun mengapresiasi adanya pemberian Al-Qur'an oleh wakif melalui BWA Indonesia, sebab umat muslim harus bisa membaca Al-Qur'an. Untuk Kota Sorong, lanjutnya, mereka memprioritaskan pembagian di jamaah masjid, majelis Taklim, tempat mengaji dan masjid-masjid.

Dengan adanya pembagian Al-Qur'an secara gratis, maka diharapkan mampu menjawab kebutuhan umat muslim khususnya dalam hal membaca Qur'an. "Bantuan Al-Quran secara gratis ini diharapkan mampu memasyarakatkan Al-Qur'an kepada umat Islam sehingga diharapkan umat Islam tidak buta huruf Al-Qur'an," pungkasnya. (nov/rls/bwa)

 

 

Baca juga:

BWA Bantu Muslim Bajo di Pulau Gala Halmahera


Back to Top