#PARISRISKA

Kajian Akhir Pekan RISKA: Berkenalan dengan Sosok Pembawa Perubahan Besar Umat Manusia

omuslim.co.id - Di antara nikmat Allah SWT yang paling besar bagi umat manusia adalah nikmat diutusnya Rasulullah SAW, seorang nabi yang membawa perubahan. Tidak hanya bagi bangsa Arab, tetapi membawa perubahan untuk seluruh umat manusia. Risalahnya adalah risalah yang universal.

Risalahnya adalah rahmat. Nabi Muhammad SAW secara pribadi adalah rahmat atau karunia yang dihadiahkan Allah untuk manusia. Tidak hanya untuk umat Islam, tapi seluruh umat. Semuanya mendapatkan kasih dari Nabi SAW.

Cara untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi adalah dengan membaca sirahnya dan mempelajari sunnahnya. Itu akan membuat kita semakin cinta dengan Nabi Muhammad SAW. Karena membangun kecintaan itu sulit kalau tidak kenal. Kalau tidak kenal, tidak mungkin bisa cinta. Cinta akan tumbuh ketika mengenal objek yang dicintai.

Demikian salah satu simpulan dari Pengajian Akhir Pekan Remaja Sunda Kelapa (PARIS) bertema "Tak Kenal Maka Ta'aruf" (Kitab Al Adab Al Mufrad), Jumat (20/09/2019) malam di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta. Kajian yang digagas Komunitas Remaja Islam Sunda Kelapa (Riska) kali ini menghadirkan narasumber utama Ustadz Aan Candra Talib.

Ratusan jamaah yang didominasi kaum muda-mudi muslim turut hadir dalam kajian rutin tersebut. Mereka tampak antusias menyimak pemaparan materi yang disampaikan Ustadz Aan mengenai risalah Nabi Muhammad SAW.

Ketua Bidang Kajian Publik Riska, Khairil Anwar mengatakan bahwa kajian Paris ini adalah program yang sudah lama berjalan. Target dakwahnya kepada anak-anak muda, terutama mereka yang mungkin masih labil dalam hal keimanan.

“Makanya dalam kajian itu kita ambil tema-tema yang sesuai target, yaitu anak-anak muda. Temanya seperti tentang semangat atau jodoh yang padahal isinya membahas tentang kisah rasulullah, kisah para sahabat Nabi. Dari situ sebenarnya banyak sekali bisa diambil intisarinya dalam kehidupan sekarang,” ujarnya.

 

Baca juga:

Pengajian Akhir Pekan RISKA "Tak Kenal Maka Ta'aruf"

 

Lebih lanjut, Khairil menjelaskan melalui kajian ini, Riska ingin supaya anak muda lebih nyaman duduk di masjid. “Kita ingin anak muda lebih enjoy dengan pengajian. Karena mungkin sebagian anak muda kurang familiar dengan masjid,” katanya.

Sebelum menentukan tema kajian, sambung dia, Riska juga melakukan banyak trik, data penelitian, dan pemanfaatan sarana media sosial. Hal ini agar tema yang diambil sesuai dengan target Riska.

“Iya, sesekali kita pakai sosmed untuk melihat sebenarnya pangsa pasar kita di mana. Kita bisa lihat dari follower, dari umurnya, komen-komennya. Mereka lebih tertarik dengan tema-tema seperti apa. Jadi kalau hari ini ramai, itu memang yang kita perjuangkan. Kita ingin lebih banyak lagi anak muda nyaman berlama-lama di Masjid,” ungkapnya.

Selain kajian mingguan, Riska juga mempunyai program Muslim Youth Night (MYN). Sebuah program yang mengajak anak muda untuk bermalam minggu di masjid. Kegiatannya diisi dengan talkshow bersama para artis, influencer, tokoh-tokoh muda dan ditutup dengan salat tahajud bersama. (jms)

 

Baca juga:

Gelar Pengajian Akhir Pekan, RISKA Ajak Remaja Mantapkan Hati Berhijrah


Back to Top