Respon Karhutla, DMI Serukan Umat Islam Lakukan Salat Istisqa

gomuslim.co.id – Bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Banyak masyarakat mendapatkan dampak buruk dari bencana yang sudah terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini.

Terkait hal itu, Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengajak seluruh umat Islam terutama pengurus rumah ibadah untuk melaksanakan salat Istisqa atau salat meminta hujan. Ajakan ini disampaikan Direktur Program DMI, Munawar Fuad Noeh di Gedung Graha BNPB Jakarta, Senin (23/09/2019).

"Kami dari DMI sudah melakukan komunikasi dengan berbagai pihak, terutama provinsi yang terdampak Karhutla agar melakukan salat Istisqa. Kita bersama-sama berdoa secara khusyuk dan minta pertolongan pada Allah agar segera turun hujan," ujarnya.

Fuad Noeh menambahkan, upaya religius tersebut merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan umat muslim agar bencana Karhutla segera teratasi. Kemudian, para pengurus juga diminta menjadikan masjid sebagai pusat singgah penampungan dan evakuasi kabut asap.

“Karhurla tidak bisa dikatakan sebagai musibah atau ujian saja melainkan sebuah peringatan kepada manusia karena eksploitasi terhadap alam yang berlebihan mengakibatkan bencana besar. Karena itu, solusi terbaik dan tercepat adalah kita memohon adanya rahmat dan pertolongan dari Allah SWT," katanya.

 

Baca juga:

Ini Doa Ustadz Zaidul Akbar untuk Karhutla di Kalimantan dan Sumatera

 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan DMI agar mengajak umat secara bersama berdoa dan melaksanakan salat Istisqa. "Kami berharap DMI bisa bekerja sama agar informasi yang berhubungan dengan pencegahan maupun penanggulangan bisa disinergikan dengan komponen masyarakat," ungkapnya.

Hal demikian, sejalan dengan pesan Presiden agar mengutamakan pencegahan dibandingkan penanggulangan. Kemudian, masyarakat terus diajak melakukan pencegahan perluasan titik api.

Dalam hal ini, peran DMI dibutuhkan agar di berbagai kesempatan dan kerja keras petugas dalam memadamkan api diiringi doa. Doni menyakini sebagai umat beragama kuasa Tuhan bisa mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Sebelumnya, di wilayah Kepulauan Bangka Belitung sempat diguyur hujan lebat tidak lama setelah salat Istisqa digelar di halaman kantor gubernur, Senin (23/9/2019). Warga pun menyambut antusias turunnya hujan.

Kepala BPBD Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan, hujan terjadi di wilayah Mentok, Toboali, Tua Tunu Pangkal Pinang dan sebagian Bangka Tengah sudah hujan lebat.

Salat berjamaah yang dimotori langsung Gubernur Erzaldi Rosman dan Khatib Ahmad Luthfi ditutup dengan shalawat dan doa-doa minta hujan pada yang maha kuasa. Selain ASN, shalat istisqa juga diikuti perwakilan BUMN/swasta, organisasi kemasyarakatan serta TNI/Polri. (jms/antara/dbs)

 

Baca juga:

Umat Islam di Pekanbaru Riau Gelar Salat Istisqa’


Back to Top