Ribuan Santri Pesantren Tebuireng Gelar Salat Istisqa

gomuslim.co.id - Ribuan santri serta masyarakat di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, melakukan Shalat Istisqa, yakni shalat meminta hujan yang dilakukan di lapangan kampus Universitas Hasyim Asy'ari di areal Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang. Pengurus Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Teuku Azwani mengemukakan kegiatan itu dilakukan sebagai upaya meminta kepada Tuhan agar diturunkan hujan.

 "Kegiatan ini doa. Harapannya agar hujan cepat turun. Bukan hanya untuk Jombang tapi seluruh Indonesia," kata dia di Jombang. Kegiatan shalat tersebut dipimpin oleh KH A. Masduqi Abdurrahman, yang merupakan Pengasuh PPTQ (Pondok Pesantren Tanfidzil Quran) Perak, Kabupaten Jombang. Lokasi shalat di lapangan kampus Universitas Hasyim Asy'ari Jombang.

 

Baca juga:

Dilanda Kekeringan, Petani di Ponorogo Gelar Shalat Istisqa di Sawah

 

Setelah salat selesai dilakukan, dilanjutkan dengan kutbah dan doa bersama. Jamaah juga langsung meninggalkan lokasi setelah kegiatan shalat selesai.

Yayasan Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang juga melakukan bakti sosial dengan pengiriman air bersih ke daerah yang kesulitan air bersih di Jombang. Yayasan bekerjasama dengan sebuah lembaga amil zakat di Jombang. "Kami mengirimkan air bersih untuk warga yang kesulitan air bersih. Ada dua tangki sebagai bentuk kepedulian untuk mereka," tambah Azwani.

Selain itu, pihaknya juga mengadakan pengobatan gratis, menggandeng dokter di Jombang di beberapa daerah yang lokasinya agak jauh dari kota, salah satunya di Kecamatan Ngusikan. Warga yang datang diperiksa kesehatannya serta diberi obat secara gratis.

"Untuk pemeriksaan kesehatan, kami bawa vitamin, obat-obatan misalnya asam urat, kolesterol. Warga banyak yang gejala darah tinggi dan tubuh pegal-pegal," kata dia. (nov/antara/lip6)

 

Baca juga:

Dilanda Kekeringan, Warga Kabupaten Bandung Barat Gelar Salat Istisqa


Back to Top