Walikota Toronto Proklamirkan Oktober sebagai Bulan Warisan Islam di Kanada

gomuslim.co.id - Walikota Toronto, Kanada, John Tory telah memproklamirkan Oktober 2019 sebagai Bulan Warisan Islam. Pejabat ini mendorong masyarakat untuk belajar lebih banyak tentang Islam dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas Muslim.

Dalam situs web pemerintah Toronto, Tory menuliskan bahwa kota Toronto mengakui kontribusi bernilai yang telah dibuat komunitas Muslim Toronto untuk memperkuat masyarakat dan berkontribusi pada moto kota ‘Diversity Our Strength’.

“Keragaman memperkuat kita secara sosial, politik, budaya dan ekonomi. Dan sebagai salah satu kota paling multibudaya di dunia, Toronto telah menjadi kota percontohan di mana kami menghormati dan melindungi semua agama, agama, dan kepercayaan," ujar Tory seperti dilansir dari publikasi AboutIslam, Rabu (02/10/2019).

Kanada merayakan Islamic History Month Canada (IHMC) atau Bulan Sejarah Islam Kanada setiap tahun pada bulan Oktober. Perayaan ini dilakukan untuk menginformasikan, mendidik, dan berbagi dengan sesama warga Kanada tentang warisan dan kontribusi Muslim yang kaya kepada masyarakat.

 

Baca juga:

Prakarsa Anti-Kemiskinan, Muslim Toronto Kumpulkan Dana 100.000 Dolar

 

Selain itu, Walikota juga menekankan pentingnya warisan Muslim di masyarakat Kanada. Ia  memuji kontribusi Muslim dalam struktur budaya kota. "Bulan Warisan Islam memberi kita kesempatan untuk belajar tentang sejarah dan budaya Islam yang kaya di kota kami," tulisnya.

Selama Bulan Warisan Islam, warga diingatkan tentang banyaknya kontribusi yang telah dilakukan umat Islam terhadap jalinan ekonomi, politik, sosial dan budaya kota.

"Warga di seluruh kota didorong untuk belajar lebih banyak tentang Islam dan berpartisipasi dalam kegiatan sepanjang bulan yang merayakan komunitas Muslim kota kami," tulisnya lagi.

Secara signifikan, IHMC percaya bahwa melalui pendidikan dan berbagi kisah-kisah positif, semua warga Kanada dapat tumbuh dan terhubung dengan cara yang lebih baik.

Sebelumnya, pada 2007, Mauril Belanger, MP, untuk Ottawa-Vanier memproklamirkan IHMC. Kota-kota Kingston, Burnaby, dan yang terbaru di provinsi Manitoba juga mengumumkan acara tersebut. Belakangan, IHMC menjadi badan independen dengan Ketua baru pada 2013. Anggota Dewan saat ini berasal dari Saskatoon, Regina, London, Ottawa, dan Winnipeg. (jms/aboutislam)

 

 

Baca juga:

Kurangi Sampah Plastik, Komunitas Muslimah di Masjid Toronto Buat Gerakan Ramah Lingkungan


Back to Top