Terinspirasi Mohamed Salah, Fans Liverpool Ini Mantap Jadi Mualaf

gomuslim.co.id – Bintang Sepakbola Muslim, Mohamed Salah memberikan pengaruh besar terhadap masyarakat. Tidak sedikit warga Inggris tertarik mempelajari agama Islam, bahkan beberapa diantaranya memutuskan untuk menjadi seorang Muslim (Mualaf). Salah satunya adalah Ben Bird.

Ketika penggemar Liverpool menyanyikan lagu atau yel pujian untuk Mohamed Salah, Ben Bird langsung membawanya ke hati. Kalimat lagu tersebut adalah ‘Jika dia (Mo Salah) mencetak beberapa gol lagi, maka saya akan menjadi Muslim juga’.

“Saya malu mengatakan ini. Dulu, pendapat saya tentang Islam adalah agama, budaya, dan orang-orang terbelakang. Mereka (orang Islam) tidak berintegrasi dan ingin mengambil alih. Saya memiliki kebencian terhadap Muslim,” kata Ben Bird seperti dilansir dari publikasi The Guardian, Jum’at (04/10/2019).

Bird tidak berpikir temannya cukup percaya bahwa dirinya adalah seorang Muslim karena dia belum benar-benar berubah. “Saya hanya berkata dalam hati bahwa saya merasa lebih baik," katanya.

Sebagai seorang pria kulit putih Inggris, Bird sudah biasa menyalahkan Islam atas ketidakberuntungannya. Apalagi setelah ia menemukan halaman media sayap kanan yang menyebabkan meningkatnya kebencian terhadap umat Islam.

 

Baca juga:

Ini Pengaruh Besar Pesepakbola Muslim Inggris

 

Segalanya berubah setelah Bird mengambil Studi Islam dan Timur Tengah di Universitas Leeds. “Saya adalah seorang siswa kulit putih yang pergi ke kota lain dan menjalani kehidupan sebagai mahasiswa. Gelar saya adalah pertama kalinya nanti adalah hasil belajar tentang Islam secara akademis,” tulisnya.

Bird menambahkan bahwa pihak Universitas memberinya kesempatan untuk bertemu banyak mahasiswa dari Arab Saudi. “Saya pikir mereka adalah orang jahat yang membawa pedang. Tetapi mereka adalah orang-orang terbaik yang pernah saya temui. Konsep yang saya miliki tentang negara-negara Arab sepenuhnya luntur," ucapnya.

Ditambah lagi, ketika Mohamed Salah berhasil memenangkan hati penggemar Liverpool. Pandangan Bird terhadap Islam pun berubah drastis. Mohamed Salah adalah Muslim pertama yang ia kenal.

“Begitulah cara dia menjalani hidupnya, bagaimana dia berbicara kepada orang-orang. Salah menunjukkan kepada saya bahwa saya bisa menjadi normal sekaligus seorang Muslim jika itu ungkapan yang tepat. Dia bilang, kamu bisa menjadi dirimu sendiri,” ungkapnya.

Mohamed Salah sendiri bisa dibilang salah satu bintang olahraga muslim terbesar di dunia saat ini. Berasal dari negara mayoritas Muslim, Salah adalah seorang Muslim yang taat yang sering bersujud kepada Tuhan di lapangan setelah mencetak gol sehingga ia dijuluki 'Prostrating Firaun’.

Salah telah memecahkan rekor untuk Liverpool dan telah membuat jutaan penggemar memujanya. Sebuah laporan baru-baru ini oleh Football Against Racism in Europe (Fare) menemukan bahwa keberhasilan bintang Muslim Liverpool Mohamed Salah telah secara signifikan mengurangi kejahatan rasial dan ras di Liga Premier Inggris. (jms/theguardian/aboutislam)

 

 

Baca juga:

Penelitian Stanford University: Mo Salah Bantu Kurangi Islamophobia di Liverpool


Back to Top