Usung Toleransi dan Bantu Sesama, Komunitas Muslim Evansville AS Gelar Festival Makanan ke-18

gomuslim.co.id – Komunitas Muslim Evansville, Indiana, Amerika Serikat mengadakan festival makanan tahunan ke-18 akhir pekan lalu. Kegiatan ini digelar dalam rangka mempromosikan toleransi beragama dan memberikan sesuatu kepada yang membutuhkan di masyarakat

Komite Eksekutif Masyarakat Islam, Bushra Saqib mengatakan bahwa dirinya bersama komunitas sudah membantu mengatur penyelenggaraan festival selama 18 tahun. "Semakin banyak yang kami jual, semakin banyak yang kami berikan," ujarnya seperti dilansir dari publikasi Courier & Press, Selasa, (08/10/2019).

Acara tahunan ini pertama kali dimulai pada tahun 2002, satu tahun setelah tragedi 9/11. Sejak saat itu, kegiatan ini telah menarik antara 1000-1500 pengunjung setiap tahun.

“Sebelum 9/11, tidak ada konsep diskriminasi atau kami vs mereka. Semuanya dimulai setelah 9/11,” kata Saqib.

Dalam kegiatan ini, komunitas Muslim menyajikan makanan dari berbagai negara Muslim seperti, biryani ayam, sandwich falafel, dan daun anggur.

Menurut Saqib, kegiatan ini juga dirancang sebagai cara untuk memberi kepada yang membutuhkan di masyarakat sambil mempromosikan toleransi beragama. "Acara seperti ini membantu mereka," ungkapnya.

Selain makanan, pengunjung juga bisa berkeliling masjid. Salinan Alquran pun ditumpuk di atas meja bersama dengan beberapa literatur yang bertujuan mempromosikan toleransi. Saqib berharap kegiatan ini dapat mendidik orang karena pada dasarnya pendidikan adalah kunci toleransi.

 

Baca juga:

Asosiasi Mahasiswa Muslim AS Bantu Siapkan Paket 20 Ribu Makanan untuk Bantuan Sosial

 

“Banyak orang khawatir untuk datang. Tapi, begitu mereka datang dan melihat, (mereka akan menyadari) kita sama seperti orang normal, hanya hidup normal dan berusaha untuk berbuat baik," ucapnya.

Festival makanan di Evansville sendiri bukan satu-satunya yang diselenggarakan oleh pusat-pusat Islam di seluruh dunia. Pada Juli 2019 lalu, festival makanan halal terbesar di Amerika Utara berlangsung di Toronto.

Annual MuslimFest, festival Muslim terbesar di Amerika Utara, juga berlangsung di Mississauga dari 30 Agustus-1 September 2019 kemarin. (jms/Courier & Press/aboutislam)

 

 

Baca juga:

Komunitas Muslim AS Ini Alami Kendala Bangun Masjid di Kota Troy


Back to Top