Masya Allah, Nenek Berusia 68 Tahun Ini Hafal 30 Juz Lewat Program Qur'an Call

gomuslim.co.id - Siti Sofiyati Anas begitu semangat melantunkan serta mentadaburi ayat-ayat suci Alquran. Karena semangatnya itulah, nenek berusia 68 tahun ini telah khatam menghafal Alquran 30 juz pada September 2019 lalu.

Bu Anas, panggilan akrabnya, adalah salah satu dari 60 santri Qur’an Call yang tersebar di seluruh Indonesia dan sejumlah negara. Wanita dengan tiga orang anak dan tujuh cucu itu mengaku bersyukur bisa belajar di Qur’an Call.

"Waktu itu, 29 januari 2017 saya baca berita, Daarul Qur'an ada program Qur'an Call, Paginya saya langsung menghubungi dan mendaftar, kemudian bisa langsung masuk, belajar," tutur wanita kelahiran Yogyakarta ini.

Qur’an Call sendiri merupakan salah satu program unggulan PPPA Daarul Qur’an dalam dakwah tahfidzhul Qur’an. Layanan ini memberikan fasilitas kepada masyarakat yang ingin belajar dan menghafal Alquran melalui telepon bebas biaya.

Semangat Bu Anas menghafal Alquran terinspirasi dari tausiyah-tausiyah KH Yusuf Mansur. Karenanya ia sudah memiliki hafalan sebanyak tiga juz saat mulai belajar di Qur'an Call. Paling sedikit, Bu Anas yang tinggal di Blora, Jawa Tengah ini menyetorkan hafalan via telepon satu halaman perhari.

"Kalau pas lancar, bisa setoran murojaah sampai empat halaman, kalau ziyadah biasanya satu hari satu halaman. Saya paling enak ngafal, pagi sebelum shubuh, itu langsung masuk. Selain itu bisa, tapi yang paling enak ngafal di situ, masuk tek tek tek di otak," ujarnya.

 

Baca juga:

Agar Hidup Seimbang Dunia dan Akhirat, Ini Tips Istiqomah Baca Alquran Walau Sibuk Kerja

 

Tiga tahun belajar di Qur’an Call, Bu Anas akhirnya khatam menghafal Alquran 30 juz. Bagi wanita paruh baya yang mengaku belum pernah mengenal pendidikan tahfizh saat muda, ini adalah anugera baginya bisa menyelesaikan hafalan Alquran.

"Ada tiga motivasi saya menghafal Alquran. Saya ingin husnul khotimah, bermanfaat untuk diri sendiri. Kemudian saya ingin memakaikan mahkota kepada kedua orang tua, dan semoga bisa menjadi contoh anak, cucu dan keponakan, untuk tertarik menghafalkan Alquran," tuturnya.

Selain berkhidmat untuk umat sebagai Pimpinan Aisiyah Muhammadiyah di daerahnya, Bu Anas kini tengah menemani Ahmad Nasuha Dahlan (70), sang suami yang mengalami gagal ginjal sejak satu tahun terakhir. Aktivitas yang padat tak menyurutkan semangatnya untuk tetap mentadaburi Alquran.

Hafal 30 juz tak membuatnya puas diri. Ia mengaku masih rutin mengubungi Qur’an Call untuk mengulang hafalannya. "Semoga PPPA Daarul Qur'an diberi jalan dan kekuatan oleh Allah untuk tetap membina umat di seluruh dunia agar bisa membaca Alquran dengan benar," harapnya. (jms/daarulquran)

 

 

Baca juga:

Para Santri Ini Tetap Menghafal Alquran di Tengah Kepungan Asap


Back to Top