Komunitas Muslim Calgary Kanada Gelar Parade Budaya Islam

gomuslim.co.id - Komunitas Muslim di Kota Calgary di Provinsi Alberta, Kanada, menggelar parade terkait dengan Bulan Warisan Islam di Alberta. Warga Calgary dari semua agama dan afiliasi diundang untuk ambil bagian dalam parade ini yang berlangsung, Ahad, (06/10/2019).

Acara dimulai di pusat Kota Calgary di Bankers Hall di 8th Avenue dan 3rd Street SW pada pukul 13.00 waktu setempat. Parade kemudian berjalan menuju Olympic Plaza, di mana sebuah perayaan digelar di seberang City Hall pada pukul 14.00.

Wakil presiden Dewan Tertinggi Islam Kanada sekaligus penyelenggara, Dr Atthar Mahmood mengungkapkan tujuan dari acara ini adalah untuk merayakan pencapaian budaya Islam di Kanada, bersamaan dengan hari kelahiran Nabi Muhammad, dan untuk memberikan kesempatan untuk bertemu dengan non-Muslim dalam rasa persekutuan.

"Kami tidak berbaris, kami hanya berjalan. Jadi, jika ada orang yang melihat kami dan memiliki pertanyaan tentang Nabi atau tentang Islam, maka ada orang di sana untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Sungguh, itulah tujuan utamanya, ”kata Mahmood, dilansir Cargary Helard, Selasa (08/10/2019).

 

Baca juga:

Komunitas Muslim Kanada Kembali Gelar Muslim Awards for Excellence 2019

 

Ia menambahkan, ide acara ini untuk melibatkan orang lain. Meskipun tidak bertanya, bergabung saja di acara, itu akan membantu menjernihkan banyak kesalahpahaman yang telah berkembang selama bertahun-tahun.

“Dan kami akan membiarkan orang tahu ajaran sebenarnya Nabi kita” tegasnya.

Sekitar 1.500 orang dari komunitas Muslim di kota itu mengikuti parade. Panitia acara juga mengajak kepada semua warga dari berbagai kalangan agama untuk bergabung dalam parade tersebut. Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Tertinggi Islam Kanada, bersama dengan organisasi Muslim Melawan Terorisme dan Majelis Islam Calgary Almadinah. Ini juga didukung oleh Komunitas Turki Anatolia, Asosiasi Pakistan-Kanada, Proyek Masjid Al Aqsa di Calgary Selatan, Imam Bargaha, Pusat Islam Al-Makkah, Dewan Persatuan Kashmir dan Dewan Antar Agama Calgary.

Bulan Warisan Budaya Islam di Alberta pertama kali diproklamirkan lebih dari setahun yang lalu oleh mantan pemerintah provinsi NDP. 

Menurut Mahmood, proklamasi tersebut ialah tentang merayakan komunitas dan mempromosikan upaya-upaya untuk menjadikan Alberta tempat yang sangat baik untuk hidup di Kanada.  

Ia menjelaskan, bahwa umat Islam telah menjadi bagian dari sejarah Alberta selama beberapa generasi. Para pemukim awal membantu menghubungkan negara itu dengan meletakkan jalur Kereta Api Pasifik Kanada, membangun elevator biji-bijian di selatan Alberta dan melakukan pertukaran bulu binatang dengan orang-orang pribumi. (waf/calgaryherald/dbs)

 

 

Baca juga:

Komunitas Muslim Kanada Sumbang Perlengkapan Sekolah Gratis untuk Siswa Sekolah Katolik


Back to Top