Ringankan Peraturan Visa, Rusia Jadi Incaran Destinasi Wisata Turis Saudi

gomuslim.co.id - Mirip dengan Arab Saudi, yang telah mulai mempromosikan pariwisata untuk pertama kalinya, Rusia telah membuka pintunya lebih luas ke dunia dengan mengurangi pembatasan kunjungan, meningkatkan arus wisatawan.

Zarina Doguzova, kepala Badan Federal untuk Pariwisata Federasi Rusia, menjelaskan dinamika di balik itu semua.

“Rusia sekarang sangat fokus pada pelonggaran pembatasan dan formalitas visa. Saat ini, visa elektronik digunakan untuk wisatawan yang datang ke wilayah Timur Jauh, serta ke wilayah Kaliningrad. Dan hanya beberapa saat yang lalu, sebuah rezim visa elektronik ditayangkan di wilayah St. Petersburg dan wilayah Leningrad,” kata Doguzova, seperti dilansir dari publikasi ArabNews, Selasa, (15/10/2019).

Doguzova menekankan kepada Arab News tentang pentingnya bekerja dengan Arab Saudi untuk meningkatkan keterbukaan timbal balik dan untuk mengembangkan industri perjalanan yang sukses di kedua negara.

“Arab Saudi masuk dalam daftar negara yang turisnya dapat mengunjungi wilayah Rusia menggunakan visa elektronik. Kami selalu senang melihat turis dari negara Anda mengunjungi kami. Selain itu, mulai 1 Januari 2021, visa elektronik akan berfungsi di seluruh Rusia, dan kami menganggapnya sebagai terobosan nyata bagi pariwisata global. Hal yang sama dapat dikatakan tentang Arab Saudi - hal-hal yang Anda lakukan adalah langkah baru dalam pengembangan pariwisata global,” jelasnya.

 

Baca juga:

Gaet Turis Dunia, Dubai Perkuat Pariwisata Medis

 

Doguzova melanjutkan untuk menjelaskan bahwa pelonggaran pembatasan visa yang signifikan meningkatkan pariwisata yang masuk rata-rata 10 sampai 15 persen untuk suatu negara.

“Pariwisata berada di persimpangan ekonomi dan citra negara, dan itulah sebabnya nilainya bahkan lebih tinggi. Karena itu, kami sekarang mengembangkan konsep promosi sistematis Rusia di pasar internasional dalam hal potensi pariwisata,” katanya.

Untuk diketahui, Rusia adalah salah satu dari 49 negara dalam daftar yang baru-baru ini diumumkan oleh Arab Saudi yang warganya akan dapat mengajukan visa turis ke Kerajaan untuk pertama kalinya. (fau/arabnews/dbs/foto: ist/arabnews)

 


Back to Top