Dukung Wisata Halal, BRI Syariah Siapkan Layanan Keuangan Terintegrasi

gomuslim.co.id – BRI Syariah mendukung pengembangan wisata halal. Indonesia memiliki potensi besar sebagai pemain utama dalam industri halal, karena itu, BRI Syariah menyiapkan layanan keuangan terintegrasi untuk medukung pengembangan pariwisata halal tersebut.

Direktur Bisnis Komersil BRI Syariah, Kokok Alun Akbar, mengatakan Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, persentase penduduk muslim di Indonesia mencapai 88% dari total jumlah penduduk, ternyata share perbankan syariah baru mencapai 5-6%.

“Kami sudah menyiapkan layanan simpanan, pembiayaan, lengkap dengan fitur-fitur pembayaran yang bisa digunakan pelaku industri dan konsumen industri halal," ungkap Kokok Alun Akbar dalam sebuah diskusi bertema Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Kearifan Lokal dan Sinergi Dengan Lembaga Keuangan Syariah di Auditorium Sukadji, UGM pada Kamis (17/10/2019).

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat sekaligus membangun kesamaan berpikir di antara pemangku kepentingan dalam pengembangan pariwisata halal. Harapannya bisa membawa Indonesia sebagai pemain utama dalam industri halal global.

 

Baca juga:

Kini Beli Properti di Alam Sutera Group Bisa dengan Mekanisme Syariah

 

Alun mencontohkan, untuk travel yang menyediakan layanan pariwisata halal baik dalam maupun luar negeri, BRI Syariah siapkan Giro Faedah BRI Syariah iB, cash management system, dan bank garansi bagi biro perjalanan umrah.

“Untuk nasabah perorangan BRI Syariah sudah menyiapkan berbagai fitur layanan agar bisa bertransaksi secara online  melalui BRIS Online. Nasabah bisa melakukan pembayaran rekening listrik, telepon, internet, tiket, pembelanjaan di digital market place, dan pembayaran menggunakan QR Code BRIS Online,” jelasnya.

Contoh lain layanan keuangan syariah terintegrasi untuk mendukung pariwisata yang sudah bisa dimanfaatkan masyarakat yaitu e-boking paket wisata Gunung Semeru di Jawa Timur. Wisatawan bisa melakukan reservasi melalui website, lalu membayar lewat virtual account BRI Syariah. Ke depan, kata Alun, perusahaan akan memperluas kerjasama untuk mendukung pariwisata di Indonesia agar makin banyak kemudahan layanan keuangan syariah yang bisa dirasakan masyarakat.

“Ke depannya kami akan memperluas kerjasama untuk mendukung pariwisata di Indonesia agar makin banyak kemudahan layanan keuangan syariah yang bisa dirasakan masyarakat,” tutur Alun.

Di sisi pembiayaan, kata dia pihaknya sangat mendukung pelaku industri halal untuk memajukan usahanya. Dukungan ini kami wujudkan dalam bentuk pembiayaan modal kerja bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya.

"Sementara di sisi ritel konsumer, kami bisa membantu nasabah mewujudkan impian perjalanan nasabah melalui tabungan dan pembiayaan.” imbuh dia.

Dengan layanan lengkap, Alum berharap masyarakat tidak ragu lagi membuka tabungan atau mengajukan pembiayaan di bank syariah.

"Ke depannya kami akan terus meningkatkan layanan agar image “lama dan mahal” yang menempel pada bank syariah akan lepas. Sebaliknya, kami akan menghadirkan layanan yang cepat dan tepat bagi nasabah melalui pengembangan teknologi informasi. Insya Allah berkah dan membawa faedah.” imbuh dia.

Untuk memperluas market share perbankan syariah di Indonesia, sepanjang 2019 BRIsyariah juga terus menambah kerjasama dengan berbagai institusi dan korporasi. BRIsyariah yang telah ditunjuk dan dipercaya pemerintah dalam menyalurkan gaji PNS, TNI dan POLRI. Hingga September 2019 sudah ada 146 institusi yang menjalin kerja sama dengan BRI Syariah untuk pembayaran gaji. (hmz/sindo/dbs)

 

 

Baca juga:

Galakkan Pariwisata Ramah Muslim, Taiwan Targetkan 65 Ribu Turis Asal Indonesia


Back to Top