#HariSantriNasional

Peringati Hari Santri, Gubernur Jatim Imbau Santri Ponpes Gelar Salat Istisqa

gomuslim.co.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengimbau seluruh pengurus dan santri pondok pesantren (Ponpes) untuk menggelar shalat Istisqa atau shalat minta hujan. Harapannya, kekeringan akibat kemarau dapat segera berakhir dengan turunnya hujan.

Hal itu disampaikan Khofifah usai menghadiri Peringatan Hari Santri Nasional 2019 di Lapangan Apel Mapolda Jatim, Selasa (22/10/2019). "Di hari santri ini saya berpesan kepada pesantren-pesantren di Jatim dan di seluruh Indonesia untuk memberikan hadiah kepada warga bangsa berupa Salat Istisqa di berbagai tempat," katanya.

Dalam kesempatan ini Khofifah juga menyatakan, peran pesantren bisa dijadikan sebagai laboratorium perdamaian. Berangkat dari heterogenitas yang menjadi bagian dari Indonesia dan keberagaman ini, pihaknya mengajak seluruh santri untuk membangun dengan suasana saling menghormati, saling menghargai dan kita bangun harmoni.

 

Baca juga:

Respon pada Musim Kemarau dan Kabut Asap, Ini Panduan Lengkap Salat Istisqa ‘Minta Hujan’

 

"Mari menjadikan Islam penuh damai, Islam penuh kasih yang bisa mengayomi melindungi dan berseiring dengan seluruh keberagaman yang hidup," terangnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan sesuai izin Gubernur Jatim maka seluruh anggota Polri dan TNI ikut merayakan Hari Santri Nasional 2019.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas doa dari para santri se Jatim sehingga pelaksanaan pesta demokrasi di Jatim bisa berjalan aman dan kondusif.

"Kami berpesan khususnya para santri untuk memiliki wawasan kebangsaan dan keagamaan serta wawasan pembangunan supaya menjadi SDM yang unggul dan untuk Indonesia maju," katanya. (nov/dbs/sindo)

 

 

Baca juga:

Sehari Setelah Salat Istisqa, Wilayah Pulang Pisau Diguyur Hujan


Back to Top