Tingkatkan Ketahanan Pangan, IZI Resmikan Program Smart Farm di Tapos Banten

gomuslim.co.id – Kantor perwakilan Banten IZI meluncurkan Program Smart Farm Academy IZI untuk wilayah Tigaraksa, Kronjo, Kresek, Mekar Baru dan Solear, Kab. Tanggerang, Banten. Dalam kesempatan ini, sebanyak 12 petani muda siap untuk menggarap lahan yang akan ditanami sayur-sayuran seperti kangkung, caisim, bayar merah dan jenis sayuran lainnya.

Smart Farm Academy Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) merupakan program baru yang akan menjadi fokus IZI dalam memberdayakan petani duafa untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga petani itu sendiri khususnya. Dalam program ini IZI turut melibatkan agropreneur sebagai generasi muda atau kaum milenial yang memang mempunyai jiwa entrepreneur atau wirausaha dan berani maju untuk bersaing, bertanding dan bersanding dengan para pebisnis di bidang pertanian.

 

Baca juga:

Bantu Bebaskan Utang, IZI Galakkan Program Ghorimin Islamic Challenge

 

Persemian pun ditandai dengan memanen salah satu jenis sayuran yang sudah diuji coba di lahan yang akan digarap tersebut. Setelah diresmikannya, para peserta ini memang akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan selama 3 bulan.

Salah satu donatur, Yuanita Rohali menyampaikan apresiasinya. Dia pun berharap IZI terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan program-program ke depan. Lanjut dalam penuturannya ia pun meminta agar IZI terus mendampingi petani duafa ini sampai mereka sukses dan mandiri.

Peresmian ini turut dihadiri, GM Pendayagunaan IZI, Haryono, Kepala Perwakilan IZI Banten, Pradaya, Donatur IZI yang turut berpartisipasi untuk program ini, Yuanita Rohali, Perwakilan Dinas Pertanian, Gunawan, Perwakilan Dinas Pemdes, Hendarto, Kepala Desa Tapos, Udin, Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren, Ustaz M. Syarifudin, Ketua kelompok Tani, Ali Imron, dan Penyelia Mitra Tani/ Relawan Pemberdayan Petani, Riyadin.

 “Seiring dengan jumlah lahan yang makin sempit dibanding kebutuhan hasil tani yakni sayur-mayur dan profesi petani muda/ milenial yang kurang diminati. Semoga Smart Farm ini dapat menjadi asa baru bagai kaum milenial dalam berbisnis,” ujar Kepala Perwakilan IZI Banten, Pradaya.  (nov/IZI)

 

 

Baca juga:

IZI Luncurkan Buku Amil Zakat Easy Going Pemikiran dan Inisiatif Zakat di Era 4.0   


Back to Top