Pemerintah Aceh Ajak Masyarakat Kawal Perdamaian dengan Syariat Islam

gomuslim.co.id – Pemerintah Aceh mengajak seluruh umat muslim Aceh mengawal pelaksanaan syariat Islam dan perdamaian di Provinsi tersebut. Melalui Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, ia mengungkapkan harapannya terkait perdamaian Aceh melalui syariat Islam dalam berjalan lancar.

"Kami mengandalkan santri mengawal syariat Islam dan perdamaian Aceh. Pelaksanaan syariat Islam dan perdamaian merupakan anugerah terbesar bagi masyarakat Aceh," kata Nova saat melaksanakan upacara Hari Santri ke-5 2019 di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, pada Kamis, (24/10/2019).

Ia mengatakan, dayah atau pesantren merupakan tempat santri bernaung dan belajar ilmu agama. Pola dialogis, tidak anarkis dan antikekerasan, kata dia, menjadi sikap yang bijak dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi, terutama antarumat Islam di Aceh.

 

Baca juga:

Sejumlah Pesantren Terima Bantuan Rp 3 Miliar dari Kemenag Aceh

 

"Sejatinya, dayah (pesantren) harus dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam yang 'rahmatan lil alamin', Islam yang toleran dengan setiap perbedaan," katanya.

Diakui atau tidak, kata dia, pola kekerasan dan cara-cara anarkis akan dapat mencederai pelaksanaan syariat Islam dan mengganggu perdamaian.

"Sikap bijaksana menjadi kunci penting merawat perdamaian dan mewujudkan keadilan di Aceh. Semangat ajaran ini pula yang memungkinkan santri berkontribusi dalam mengawal dan memperkuat pelaksanaan syariat Islam di Aceh," demikian kata Nova Iriansyah.

Untuk diketahui, dalam agenda upacara peringati HSN, aparatur sipil negara (ASN) beserta para pejabat mengenakan sarung dan baju muslim. (hmz/antara)

 

 

Baca juga:

Tampilkan Budaya Islam, Disbudpar Aceh Gelar Festival Seudati 2019 di Pidie


Back to Top